3 Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

By Wardah | 21 May 2014

Jeruk nipis (Citrus aurantium L.) merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Masyarakat Jawa banyak menyebutnya dengan istilah “jeruk pecel”. Buah yang satu ini sering dijadikan sebagai sambel atau campuran bumbu masakan, namun ternyata buah jeruk nipis ini juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Mungkin saja beberapa ada orang yang tidak mengetahu hal tersebut. Apa saja manfaat dan khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan? Berikut akan saya sampaikan ulasannya.

Manfaat dan khasiat jeruk nipis yang pertama adalah sebagai obat sariawan. Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C inilah yang berperan penting dalam proses pencegahan dan penyembuhan sariawan. Bahan yang perlu anda persiapkan untuk membuat ramuan tersebut adalah jeruk nipis, air dan gula. Mula-mula belah jeruk nipis kemudian buang bijinya. Sesudah itu peras dan tampung airnya pada gelas. Tambahkan satu sendok gula pasir kemudian seduh dengan air panas. Minum ramuan tersebut dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali sehari.

Manfaat dan khasiat jeruk nipis yang kedua adalah menghilangkan bekas jerawat. Jeruk nipis sudah sejak dahulu banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosokkan belahan buah jeruk nipis yang sudah dibersihkan bijinya ke bekas jerawat diwajah anda. Rasanya akan sedikit pedih, namun rasa tersebut akan terbalas dengan bekas luka yang segera menghilang. Karena kemanjurannya, buah jeruk nipis ini banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan beberapa produk-produk kecantikan.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis

Manfaat dan khasiat jeruk nipis yang ketiga adalah sebagai obat tumit pecah-pecah. Jeruk nipis mengandung berbagai vitamin yang mampu mengembalikan kelembapan kulit tak terkecuali kulit telapak kaki. Tumit pecah-pecah diakibatkan oleh kondisi kulit yang kering. Jika terlalu banyak terkena debu dan kotoran, kulit kering tersebut akan semakin parah hingga terbentuklah tumit yang pecah-pecah.

Kondisi tumit pecah-pecah tentu akan membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Namun, kini anda tidak perlu bingung karena jeruk nipis dapat mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan menggosokkan belahan jeruk nipis pada bagian yang pecah-pecah. Biarkan hingga mengering kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan rutin selama beberapa hari dan tumit anda akan kembali halus.

Demikian 3 manfaat dan khasiat jeruk nipis yang berguna bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang bisa didapatkan dari yang namanya jeruk nipis, mungkin dilain waktu bisa kita ulas lebih jauh lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *