3 Penyebab Sariawan yang Harus Anda Ketahui

By Wardah | 15 July 2017

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang menyerang jaringan lunak pada mulut. Hampir semua manusia pernah mengalami penyakit yang satu ini. Rasanya sangat pedih, dan membuat kita merasa tidak nyaman terutama ketika makan dan berbicara. Sariawan merupakan jenis peradangan pada mukosa mulut yang membuat mulut menjadi tampak berlubang dengan warna putih kekuningan. Sariawan biasa muncul pada bagian lidah, langit-lamgit mulut, gusi dan pipi bagian dalam mulut. Karena keberadaannya yang sangat mengganggu kenyamanan, ada baiknya kita memahami penyebab penyakit sariawan agar kita dapat menghindarinya. Berikut adalah beberapa penyebab sariawan yang harus anda ketahui.

3 Penyebab Sariawan yang Harus Anda Ketahui

Penyebab sariawan yang pertama adalah kekurangan vitamin B dan vitamin C. Vitamin B dan Vitamin C merupakan jenis vitamin yang sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik kita. Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan akibat kekurangan kedua jenis vitamin tersebut adalah sariawan. Karena itulah, jika anda ingin terhindar dari sariawan, salah satu yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan vitamin B dan vitamin C. Contoh makanan yang mengandung vitamin tersebut adalah buah mangga, jeruk, apel, dan lain-lain.

Penyebab yang kedua adalah kebersihan mulut yang kurang. Menjaga kebersihan mulut merupakan hal yang sangat penting bagi kita. Selain dapat memberi rasa nyaman, menjaga kebersihan mulut juga sangat berguna untuk menangkal berbagai penyakit seperti bau mulut dan sariawan. Cara menjaga kebersihan mulut adalah dengan sikat gigi dan menggunakan obat kumur jika perlu. Namun, saat menyikat gigi anda harus berhati-hati kerena penyebab sariawan yang lain adalah luka akibat tergores sikat gigi. Ketika menyikat gigi, tak jarang kita melukai gusi atau bibir. Luka yang disebabkan oleh goresan sikat gigi tersebut kemudian akan berkembang menjadi sariawan. Untuk menghindari hal ini terjadi pada anda, hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menyikat gigi secara berhati-hati.

Penyebab yang terakhir adalah karena makanan dan minuman yang panas. Makanan dan minuman yang terlalu panas akan membuat mulut mengalami iritasi. Iritasi ini akan berkembang menjadi sariawan. Karena itulah, usahakan untuk mengkonsumsi makanan dengan suhu yang bersahabat dengan mulut.

Demikian ulasan mengenai penyebab sariawan. Semoga memberi manfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *