3 Tips Untuk Melawan Kolesterol Tinggi

By | 25 December 2015

Pola hidup yang moderen banyak sekali menyebabkan orang berada pada kondisi kadar lemak yang tinggi. Sering melakukan pola makan yang tidak sehat dan kurang dalam berolahraga merupakan penyebab yang terbesar terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh.

Ada beberapa parameter lemak yang telah dijadikan acuan, sebahagiannya ialah kolesterol total dan kolesterol LDL. Kadar yang di sarankan pada kolesterol total harus di bawah dari 200 mg/dl. Dan pada LDL harus di bawah 100 mg/dl.

Bagi anda yang menghendaki kolesterol menjadi rendah, maka di bawah ini ada beberapa yang membuat kolesterol menjadi rendah.

3 Tips Untuk Melawan Kolesterol Tinggi

1. Pola Makan Yang Sehat

Melakukan perubahan pola hidup adalah langakah awal yang selalu di anjurkan kepada pasien dislipidemia. Pola hidup sehat ialah melakukan pola makan yang baik lagi sehat dan selalu berolahraga. Serat yang ada di dalam buah-buahan, sayur dan juga sereal gandum mempunyai mnfaat untuk membuat kolerterol turun.

Turunya berat badan juga mempengaruhi terhadap kadar lemak seseorang. Bagi orang yang gemuk, turun berat badan sebanyak 10 kg berhubungan dengan turunya kadar LDL sebanyak 8 mg/dl. Bagi penyandang penyakit dislipidemia di bawah ini adalah pola diet yang di anjurkan.

• Karbohidrat sebanyak 50-60 % dari semua total kebutuhan kalori. Sebanyak 85% karbohidrat kompleks, berupa nasi, sayur dan buah-buahan. Porsi sayur di tambah 2-3, porsi buah di tambah 2-3

• Protein 15-20%, dengan perbandingan protein hewani : nabati = 1:1, terutama tahu, tempe, ataupun ikan.

• Lemak <30%, dengan penggunaan minimal dari minyak trans, semisal margarin. Kurangi sebanyak(<300mg/hari) makanan yang tinggi kolesterol semisal jeroan, dan kuning telur.

2. Melakukan Olahraga

Melakukan aktivitas fikit berguna agar lemak anda menjadi baik, dan dapat menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga 3-5 kali dalam seminggu sekitar 30-45 menit
Selain olahraga dan melakukan pola makan yang sehat, pasien juga berhenti dalam merokok. Anda bisa melakukan olahraga aerobik, semisal renang dan berlari.

3. Obat

Tidak perlu khawatir dengn obat-obatan. Apabila setelah merubah pola hidup sehat dan berolahraga tidak banyak memberikan manfaat , anda bisa mengkonsumsi uabt agar lemak anda berkurang. Anda harus memilih obat dengan anjuran dokter.

Itulah beberapa tips untuk melawan kolesterol. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *