4 Tips Cara Mencegah Jerawat Wajib Anda Ketahui

By Wardah | 20 September 2017

Mungkin semua orang sudah pernah merasakan masalah tumbuhnya jerawat. Jerawat memang penyakit kulit yang paling umum dan juga sering kali timbul pada semua orang. Seringkali orang-orang merasa tidak percaya diri jika mereka sedang terkena penyakit jerawat. Dan bagi anda yang belum dan telah sembuh dari jerawat anda perlu melakukan beberapa tindakan cara mencegah jerawat agar tidak timbul lagi di wajah.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jerawat di wajah. Mari simak dengan baik-baik uraian berikut ini.

4-tips-cara-mencegah-jerawat-wajib-anda-ketahui

1. Banyak-banyaklah untuk membasuh muka.

Slah satu penyebab jerawat yang paling sering adalah karena wajah yang kotor, terkena debu sehingga kuman penyebab jerawat bisa tumbuh dan berkembang. Untuk itulah cara mencegah jerawat, rajinlah dalam mencuci muka, gunakan sabun jerawat jika ada.

2. Gantilah sprei tempat tidur dan sprei bantal secara berkala.

Jangan pernah menggunakan sprei yang kotor. Karena sprei yang kotor sangat berpotensi menyebabkan jerawat. Kuman-kuman tentu suka sekali bersarang di dalamnya.

3. Gunakan masker jika sedang bepergian menggunakan sepeda motor.

Debu di jalanan sangat berbahaya bagi wajah anda. Selain bisa mengotori wajah anda, debu juga bisa saja mengandung kuman-kuman yang bisa menyebabkan jerawat.

4. Hindarilah bahan makanan yang berpotensi bisa menimbulkan masalah jerawat.

Contohnya adalah makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur unggas, ayam, susu, roti, kacang tanah, coklat. Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung tinggi lemak seperti misalnya adalah makan yang digoreng. Mengapa makanan yang mengandung tinggi protein bisa menyebabkan jerawat? Respon setiap orang akan berbeda-beda dalam menanggapi bahan makana yang masuk, seperti halnya jika ada protein yang masuk ke dalam tubuh, tidak semua jenis protein bisa diterima dengan baik oleh tubuh manusia. Jika tubuh seseorang tengah memeberikan suati respon yang negatif terhadap masuknya protein tersebut, artinya tubuhnya tidak bisa menerima protein tersebut. Respon negatif yang mungkin muncul adalah timbulnya jerawat dan juga rasa gatal.

Demikin beberapa cara mencegah jerawat yang bisa Anda lakukan. Memang pendapat kesehatan tentang lebih baik mencegah dari pada mengobati adalah cara terbaik bagi yang ingin hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *