4 Tips dan Langkah Penerapan Pola Makan Sehat

By Wardah | 27 September 2014

Sering kali masyarakat bertanya bagaimana pola makan sehat itu. Dan juga sering sekali kita temui masyarakat yang salah dalam menerapkan pola makan yang sehat. Nah kali ini akan dibahas bagaimana cara menerapkan pola makan yang sehat di kehidupan sehari-hari.

Pola makan sehat memang sangat diperlukan di kehidupan sehari-hari. Dengan mengatur pola makan kita yang baik sejak dini, maka bisa mencegah terjadinya penyakit-penyakit kronis seperti diabetes mellitus (kencing manis), kanker, darah tinggi dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang mungkin bisa ditimbulkan oleh salah dalam menerapkan pola makan.

Pola Makan Sehat

Untuk itu sangat penting dan sangat vital untuk mulai mengatur dan memperhatikannya saat ini. Langkah-langkah yang mungkin bisa anda ambil untuk menerapkan antara lain adalah :

1. Aturlah jam makan anda sejak saat ini.

Jadi anda memang makan pada jam-jam tertentu yang sudah anda atur sebelumnya. Misalnya anda mengatur jam makan anda adalah 3 kali sehari dengan jam yang sudah ditentukan. Maka anda harus makan hanya pada jam yang sudah anda tentukan tadi. Ini bertujuan untuk menghindari makan makanan yang tidak perlu di jam-jam yang lain yang bisa menyebabkan obesitas.

2. Makanlah sayur dan buah-buahan segar

Untuk mengimbangi nutrisi yang anda konsumsi, tentunya anda harus mengkonsumsi berbagai macam mineral dan juga vitamin yang ada dalam buah dan sayur. Selain itu, buah dan sayur kaya akan serat yang baik sekali untuk pencernaan. Selain itu buah dan sayur juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di tubuh.

3. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

Sangat penting untuk menghindari makanan yang berlemak tinggi seperti contohnya adalah gorengan, daging berlemak, kulit ayam dan juga makanan yang bersantan. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan penumpukkan kolesterol dalam darah yang bisa menyumbat aliran darah. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mulai mengurangi bahkan menghindari makanan yang berlemak tinggi.

4. Makan karbohidrat secukupnya saja.

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Karbohidarat akan di ubah menjadi glukosa dalam tubuh yang bisa menghasilkan energi. Namun jika glukosa ini berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam masalah seperti disntaranya adalah obesitas dan juga kencing manis. Untuk menghindari hal ini. Sangat penting untuk mengendalikan konsumsi karbohidrat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *