5 Cara Mengatasi Insomnia Wajib Anda Ketahui

By Wardah | 19 June 2017

Apakah anda sering mengalami gangguan susah tidur di malam hari? Gangguan semacam ini dinamakan insomnia. Gangguan tidur insomnisa ini bisa menimpa siapa saja tidak terkecuali. Biasanya penyebabnya adalah karena faktor pikiran yang tegang, makana dan minuman yang sedang dikonsumsi dan faktor kebiasaan begadang. Insomsia ini tentu saja bisa mengakibatkan masalah lainnya seperti badan terasa pegal, lemas, tidak semangat dan juga pusing di waktu siang. Anda bingung cara mengatasi insomnia? Kali ini akan saya ulas bagaimana cara mengatasi insomnia ini:

Cara Mengatasi Insomnia

1. Hindarilah meminum minuman yang mengandung kaffein setidaknya 9 jam sebelum tidur

Kaffein adalah zat yang menyebabkan seseorang terjaga dan tetap berkonsentrasi. Jadi jika anda sedang menderita insomnia, anda perlu untuk membatasi konsumsi kopi anda.

2. Hindari untuk tidur atau berbaring di tempat yang yang terang

Hal ini tentu saja dapat menggagu usaha anda untuk tidur, karena cahaya yang terang akan membuat mata menjadi sialu dan susah sekali digunakan untuk tidur.

3. Jangan memikirkan masalah anda terus menerus merupakan yang terbaik cara mengatasi insomnia

Jika memang anda sedang memiliki masalah, sebaiknya jangan terlalu dipirkan pada jam-jam tidur, Karena konsentrasi anda nantinya akan terfokus pada masalah tersebut dan menyebabkan anda susah untuk tidur.

4. Mulailah untuk mengatur jam tidur anda

Aturlah jam tidur anda mulai saat ini. Tentukan jam berapa saja anda harus tidur dan anda harus bangun. Patuhi dan lakukan itu secara rutin, maka secara otomatis, otak akan terprogram untuk selalu melakukan rutinitas tidur pada jam-jam yang telah ditentukan tadi.

5. Hindarilah Kebiasaan Merokok

Mengapa merokok? Di dalam rokok terdapat zat yang dinamakan nikotin. Zat ini bersifat stimulan yangakan terus membuat tubuh selalu bersemangat dan konsentrasi. Ini akan menghalangi usaha anda untuk tidur. Jadi sebaiknya stop untuk merokok.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa anda lakukan. Jangan pernah mengkonsumsi obat tidur secara sembarangan. Karena konsumsi obat tidur harus di bawah pengawasan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *