5 Manfaat dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

By | 21 June 2014

Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buktinya, banyak sekali produk jamu tradisional yang menggunakan kunyit sebagai bahan bakunya. Bahkan, kunyit juga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk kecantikan. Apa saja khasiat kunyit sehingga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan? berikut akan saya sampaikan ulasan lengkap mengenai khasiat dan manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat dan khasiat kunyit yang pertama adalah menjaga daya tahan tubuh. Perlu anda ketahui, kunyit merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan kandungan anti oksidan, anti inflamasi, anti glikemik dan anti mikroba. Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut, tak heran jika kunyit banyak dijadikan sebagai bahan dasar obat penjaga daya tahan tubuh. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa kunyit mampu mencegah penyakit berbahaya seperti gangguan fungsi jantung dan lain-lain.

Manfaat dan khasiat kunyit yang selanjutnya adalah sebagai antiseptik. Kunyit mampu menyembuhkan luka dengan kurun waktu yang cukup singkat. Tak hanya mempercepat penyembuhan luka, kunyit juga berguna untuk mencegah terjadinya infeksi.

Manfaat dan Khasiat Kunyit

Manfaat dan khasiat kunyit yang ketiga adalah untuk menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kunyit dapat menjadi solusi yang sangat tepat. Anda dapat membuat jamu tradisional dengan bahan dasar kunyit. Kunyit juga mampu melancarkan proses metabolisme tubuh kita sekaligus dapat menjadikan berat badan anda menjadi ideal. Tentu hal ini tidak dapat terjadi dengan instan. Anda juga perlu berolahraga dan membatasi konsumsi makanan yang berlemak.

Manfaat dan khasiat kunyit yang keempat adalah untuk menyembuhkan penyakit kulit kepala yaitu koreng dan gatal. Anda dapat mengatasi kedua masalah tersebut dengan cara mencampurkan serbuk kunyit dengan minyak secukupnya. Oleskan pada kulit kepala secara rutin setiap hari. Setelah beberapa hari, masalah tersebut akan teratasi.

Manfaat kunyit yang terakhir adalah untuk melancarkan keluarnya ASI. Anda dapat membuat ramuan jamu berbahan kunyit yang biasa disebut dengan jamu “gepyok”. Dengan meminum jamu tersebut, ASI seorang ibu akan lancar sehingga bayi dapat meminum ASI dengan cukup.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat dan khasiat kunyit yang berguna untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *