5 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

By Wardah | 13 May 2015

Kurma adalah salah satu buah dengan manfaat yang begitu sangat banyak. Makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat timur tengah ini juga lezat disantap ketika digabungkan dengan makanan lain, seperti mentega, susu dan yogurt. Selain itu, kurma juga diteliti memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Bayangkan saja, dalam satu buah kurma, Anda akan mendapatkan beberapa macam vitamin, seperti vitamin A1, B1, B2, B3, B5 dan mineral, yaitu asam amino, mangan, kalsium, zat besi, lemak, magnesium, serat dan potasium. Untuk lebih mengenal mengenai buah yang satu ini, beberapa manfaat kuma untuk kesehatan di bawah mungkin akan sangat membantu Anda.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Menyembuhkan sembelit

Ketika usus kering, misalnya disebabkan karena dehidrasi dan infeksi. Maka sistem pencernaan akan membuat sisa pembuangan (limbah) menjadi kering pula, karena cairan yang terkndung di dalamnya terserap secara berlebihan. Tentunya itu akan membuat orang tersebut mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa kurma yang dimasukan ke dalam air setiap pagi seperti sirup lalu dikonsumsi secara rutin dapat mencaharkan atau memecah limbah di pencernaan, sehingga sembelit dapat disembuhkan.

Menjaga kesehatan jantung

Fungsi jantung yang sangat sentral, yaitu untuk memompa darah membuat Kita harus intens menjaganya dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan manfaat kurma untuk kesehatan. Disini kurma akan berperan sebagai penjaga keseimbangan dan kesehatan jantung. Anda hanya perlu mengkonsumsunya dua kali setiap minggu.

Meningkatkan energi

Kurma terkenal dengan kadar glukosa, fruktosa dan sukrosa yang tinggi. Semua kandungan tersebut adalah zat gula yang dapat menyediakan energi instan untuk tubuh. Itu mengapa banyak dari Kita menggunakan kurma sebagai hidangan untuk berbuka puasa.

Menjaga kesehatan sistem saraf

Manfaat kurma untuk kesehatan selanjutnya berhubungan dengan sistem saraf pusat dan perifer. Dengan kandungan kalium yang melimpah, buah kurma benar-benar makanan yang baik bagi sistem saraf. Bahkan jika Kita urutkan, maka Kita tahu bahwa fungsi kalium pada sistem saraf berhubungan dengan kontrol detak jantung, yang tidak lain berhubungan pula dengan tekanan darah. Sehingga dapat Kita simpulkan bahwa kurma dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke.

Mengobati anemia

Anemia dapat terjadi jika sebuah tubuh kekurangan zat besi. Secara bersamaan, kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Oleh karenanya, pasien penderita anemia di rumah sakit biasanya diberikan buah kurma secara teratur sebagai asupan zat besi dalam darah.

Kesimpulan

5 manfaat kurma untuk kesehatan di atas sebenarnya belum menggambarkan betapa besarnya manfaat buah timur tengah yang satu ini. Masih ada banyak khasiat yang dapat Kita dapatkan dari mengkonsumsi kurma. Sebut saja sebagai obat untuk mencegah buta malam hari, mengobati kanker perut dan keracunan. Namun begitu, tetap perlu Kita ingat bahwa kurma mengandung banyak gula, sehingga konsumsi berlebihan dapat memicu penyakit diabetes, berat badan, intoleransi dan kerusakan gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *