5 Penyebab Sariawan yang Perlu Anda Ketahui

By Wardah | 30 June 2017

Sariawan adalah salah satu penyakit yang tidak asing lagi bagi kita semua. Keberadaan sariawan di mulut tentu membuat kita merasa sangat tidak nyaman terlebih ketika makan dan bicara. Jika ditanya, banyak masyarakat yang tidak memahami tentang penyebab penyakit sariawan. Nah, karena itulah agar anda dapat mencegah penyakit yang satu ini, berikut akan saya berikan ulasan tentang penyebab sariawan.

Penyebab sariawan yang pertama adalah pasta gigi. Pasta gigi merupakan bahan yang banyak mengandung SLS. Kandungan SLS inilah yang menghasilkan banyak busa ketika digosok. Ketika kita menyikat gigi dengan pasta gigi dengan kandungan SLS yang tinggi, permukaan lidah dan gusi akan menjadi sangat rentan terhadap iritasi sehingga resiko terserang sariawan meningkat.

Penyebab Sariawan

Penyebab yang kedua adalah kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C sangat berpotensi dapat menyebabkan sariawan. Karena itulah, biasakan untuk mengkonsumsi vitamin C guna menghindarkan diri dari ancaman sariawan. Selain mengkonsumsi vitamin C, anda juga dapat memperoleh vitamin C dari buah dan sayur. Buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, mangga, sirsak dan lain-lain.

Penyebab yang ketiga adalah stres. Ketika terjadi perubahan lingkungan, tubuh akan kembali melakukan adaptasi. Jika adaptasi ini tidak 100% berhasil dilakukan, akan timbul yang namanya stres. Seringkali, stres ini akan memicu munculnya sariawan didalam rongga mulut.

Penyebab yang selanjutnya adalah iritasi. Iritasi pada lidah atau bagian dalam rongga mulut disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan yang kedua adalah kecelakaan kecil ketika mengunyah (tergigit). Hal ini sangat umum dialami oleh masyarakat. Ketika rongga mulut iritasi, maka sariawan pasti akan muncul Untuk mengobatinya, anda perlu meningkatkan konsumsi vitamin C dan menghindarii makanan dan minuman yang bersuhu panas.

Penyebab yang terakhir adalah karena panas dalam. Panas dalam adalah keadaan ketika tubuh kita terasa panas, bersin-bersin, tenggorokan sakit serta muncul sariawan dalam waktu yang bersamaan. Penyebab sariawan yang satu ini bukanlah hal yang asing bagi kita. Untuk mengatasinya, anda dapat minum larutan khusus panas dalam atau anda juga dapat berobat ke dokter ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *