6 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Gigi Berlubang Dan Rusak

By | 6 January 2017

Tentunya tidak nyaman mempunyai gigi berlubang, setiap makanan manis yang kita kunyah akan menimbulkan rasa nyeri bila mana makanan tersebut masuk kedalam gigi yang berlubang.

Untuk mendapatkan gigi sehat tentunya harus dengan cara di rawat. Salah satunya adalah menghindari berbagai macam hal-hal yang membuat gigi berlubang.

Di bawah ini ada 6 kebiasaan yang dapat mambut gigi berlubang dan rusak yang wajib anda ketewui.

6 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Gigi Berlubang Dan Rusak

Mengunyah Es Batu

Apkah anda termasuk orang yang suka mengunyah es batu? Bila iya maka mulaiah berhenti, kerena kebiasaan tersebut dapat membuat gigi anda retak. Jika kebiasaan ini anda lakukan terus menerus, di takutkan keretakan tersebut bertambah parah sehinggan membuat gigi menjadi sensitif atau patah.

Sebelum Tidur Tidak Gosok Gigi

Salah kebiasaan yang membuat gigi berlubang adalah malasnya gosok gigi sebelum tidur. Hal ini di sebabakan produksi air liur yang berfungsi membersihkan gigi akan berkurang di saat kita tidur, sehingga sisa-sisa makanan yang ada pada gigi menjadi asam yang akhirnya dapat membuat gigi berlubang.

Kebiasaan Ngemil

Terlalu sering ngemil juga berisiko mendatangkan lubang pada gigi. Kerena gula yang terkandung di dalam cemilan akan berubah menjadi asam yang tentunya berbahaya bagi kesihatan gigi anda . Oleh sebab itu para ahli kesehatan gigi menyarankan agar anda sesegara mungki menyikat gigi setelah ngemil agar gigi anda terhindar dari plak dan menjadikannya bersih kembali.

Salah Dalam Menggosok Gigi

Salah dalam menggosok gigi juga dapat membuat kerusakan pada gigi, seperti menggosok gigi dengan cara kekiri dan kekanan atau sebaliknya.

Oleh kerena itu, hendaknya anda saat mengosok gigi melakukannya dari atas kebawah atau sebaliknya. Menggunakan sikat gigi yang tepat juga penting dalam mengosok gigi, agar email gigi tidak rusak saat anda mengosok gigi. Selain itu anda juga harus menganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali, kerena sikat gigi lama merupakan sarangnya bakteri yang dapat mengganggu kesehatan anda.

Menjadikan Gigi Sebagai Alat

Tidak jarang kita melihat orang ketika hendak menyobek sesuatu menggunakan giginya, padahal iya bisa menyobeknya menggunakan gunting.

Bila anda termasuk orang-orang tersebut maka waspadalah, kerena kebiasaan tersebut dapat merusak gigi anda bahkan membuatnya menjadi patah.

Oleh kerena itu berhentilah menyobek sesuatu menggunakan gigi, sebelum anda menyesal bila mana gigi anda sudah patah, bukankah tidak indah kalau anda memiliki gigi yang ompong.

Kebiasaan Merokok

Ternyata roko juga dapat membuat gigi berlubang, hal ini di kerenakan kandungan tembakau yang ada pada roko menyebabkan produksi air liur yang berfungsi menjaga permukaan gigi tetap bersih menjadi terganggu.

Itulag 6 kebiasaan yang dapat membuat gigi berlubang dan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *