8 Bahaya Meminum Alkohol

By | 10 November 2016

Bagi orang yang suka mengkonsumsi alkohol waspadalah, kerena sangat banyak kerusakan yang di sebabkan alkohol. Oleh kerena itu, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa bahaya mengkonsumsi alkohol, tujuan penulis agar kita sadar kesehatan itu lebih mahal harganya dari secangkir alkohol.

1.Membuat Saraf Rusak

Alkohol bukan hanya memabokan, namun alkohol juga bisa membuat sistem saraf rusak.
Dr.fahrial Syam, seorang spesialis penyakit dalam dari fakoltas kedokteran universitas indonesia mengatakan: Dampak buruk sebab kebiasaan mengkonsumsi alkohol akan mengenai beberapa organ di dalam tubuh, mulai dari otak, mulut, saluran cerna, sampai usus besar.

2. Alkohol Dapat Membunuh

Selain dapat merusak saraf, alkohol juga dapat membunuh bila di konsumsi melebihi kapasitas tubuh. Bukankah sudah sangat banyak pemberitaaan orang yang meninggal kerena alkohol, oleh sebab itu berhentilah mengkonsumsi alkohol sebelu anda jadi korban berikutnya.

3.Memperburuk Kesehatan

Alkohol juga dapat memperburuk penyakit seperti ginjal, hati, dan pankreas. Kondisi ini dapat membuat kerusakan pada bagian mata dan saraf. Oleh sebab itu hindarilah alkohol sebelum anda menyesal atas hilangnya kesehatan anda.

4.Menurunkan Kecerdasan

Di bagian pertama telah di sebutkan bahwa alkohol dapat membuat sistem saraf rusak, akibatnya fungsi otak menurun sehingga berdampak menurunnya kecerdasan, konsentrasi dan daya ingat.

5.Menyebabakan Tekanan Darah Tinggi

Alkohol dapat mengganggu sistem saraf simpatik. Fungsi saraf simpatik adalah mengatur konstruksi dan dilatasi (pengecilan dan pelebaran) pembulu darah. Oleh sebab itu minuman berakohol dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi.

6.Memicu Terjadinya Kanker

Selain itu alkohol juga dapat menyebabakn seseorang terkena penyakit kanker, seperti kanker hati, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, dan kanker pita suara. Hal ini di sebabkan tubuh akan merubah alkohol menjadi asetaldehida, sehingga menyebabkan kerusakan DNA dan sel-sel dalam tubuh juga tidak mau melakukan perbaikan dari kerusakan-kerusakan tersebut.

Selain itu asetaldehida juga dapat memicu pertumbuhan sel hati yang melibihi normalnya, dan sel-sel yang baru ini akan mengalami mutasi pada gen-gennya, sehingga dapat menjadi kanker.

7.Mengundang Penyakit Deabetes

Ini di sebabkan kandungan pemanis buatan yang terkandung di dalam alkohol, oleh kerena itu alkohol juga dapat mengundang penyakit deabetes ke diri anda.

8.Memperpindik Umur

Hal ini di sebabkan berbagai macam kerusakan dan penyakit yang di kerenakan oleh alkohol, sehingga dapat memperbesar risiko kematian lebih cepat. Oleh sebab itu hindarilah alkohol bila anda ingi hidup sehat dan damai.
Itulah beberapa bahaya alkohol yang merugihkan anda. Demoga artikel ini menyadarkan kita betapa buruknya alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *