Ada 5 Alasan Gigi Hilang Harus Di Ganti Dengan Yang Tiruan

By Wardah | 13 September 2017

Seharusnya bagi semua orang memelihara gigi asli mereka. Tapi di saat gigi asli tidak bisa lagi untuk di rawat pencabutan merupakan pilihan yang terakhir. asaetelah igi asli di cabut, apakah di biarkan begitu saja?

Gigi yang sudah hilang seharusnya di ganti, akan tetapi masih banyak orang yang membiarkan giginya tetap hilang, mereka berpendapat tidak mengapa hilang satu gigi asalkan mereka masih mampu mengunyah makanan. Gigi yang hilang dan tidak segera di tambal akan berdampak bagi diri. Di bawah ini ada beberapa asalan mengapa gigi yang hilang harus di tambal.

Ada 5 Alasan Gigi Hilang Harus Di Ganti Dengan Yang Tiruan

1. Hilangnya gigi atau ompong, keadaan semacam ini tentunya akan membuat kita risih dan terganggu, lebih-lebig gigi bagin depan yang hilang. Gigi belakang juga masih terlihat di saat kita membuka lebat mulut.

2. Orang yang giginya hilang tentu akan lebih sulit dalam mengunyah makanan, lebih-lebih gigi yang hilang adalah gigi geraham. Di saat tidak nyaman mengunyah, orang akan mengunya di satu sisi saja, di bagin gigi yang lengkap. Hal semacam ini akan membuat gigi yang tidak di gunakan akan menjadi semakin kotor dan karang gigi akan menumpuk.

3. Gigi yang di sebelah gigi yang hilang akan mengalami kemiringan. Gigi yang mengalami kerenggangan atau miring akan lebih mudah membuat sisa maknan terselip. Hal semakam ini akan berujung kepada karies gigi.

4. Posisi gigi yang berubah entunya akan mengganggu harmonisasi oklusi (gigitan) gigi geligi rahang atas atau bawa rahang bawah. Hal ini akan mengakibatkan kerja otot yang bertugan membukan dan menutup rahang dan juga sendi menjadi tidak seimbang. Keadan semacam ini bila di biarkan akan membuat kelainan pada sendi rahang. Gejala yang di timbulkan seperti tidak nyaman membuka mulut, sakit kepala dan tidak jelas apa penyebabnya.

5. Telihat lebih tua, terlebih gigi yang hilang banyak. Ini di sebabkan tulang rahang di bagin gigi yang tanggal akan mengalami aus, serta tidak dapat lagi menahan pipi dan bibir.

Gigi tiruan memang tidak nyaman, akan tetapi gigi tiruah memberikan manfaat bagi tubuh kita, lebih-lebih lagi bagi gigi yang masih utuh. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *