Ada 5 Olahraga Yang Baik Bagi Penderita Asma

By Wardah | 9 September 2017

Tidak sedikit orang yang menderita asma beranggapan bahwa dengan melakuka olahraga akan memicu gejala atau serangan asma. Anggapan itu tidaklah benar. Melakuka olahraga tidak membuat efek yang negatif bagi orang yang menderita asma, asalkan olahraga yang di lakukan tepat atau melakukan olahraga yang manfaatnya akan membuat paru-paru membaik.

Ada penelitian yang menyebutkan orang yang menderita asma yang merutinkan dalam berolahraga akan mengalami peningkatan kebugaran kardiovaskular. Oleh sebab itu, kualitas hidup orang yang menderita asma akan meningkat dengan merutinkannya dia berolahraga, serta kesehatan psikologis.

Ada 5 Olahraga Yang Baik Bagi Penderita Asma

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asma

1. Berenang

Renang adalah termasuk olahraga yang baik bagi penderita asma. Hal ini di sebabkan saat berenang dia akan menghirup udara yang lembab, dan udara yang lembab mampu mengurangi dari risiko serangan asma. Selain yang demikian, berenang dengan posisi horizontal juga dapat membuat lendir yang ada di paru-paru keluar . Bagi penderita asma harus berhati-hati dengan kolam yang berlebihan mengandung klorin atau kaporit. Hal ini di kerenakan bahan kimia tersebut mampu memicu serangan asma.

2. Meakukan Jalan Kaki

Ada seubah studi yang menyebutkan bahwa orang yang sudah dewasa yang melakukan jalan kaki 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu akan mampu mengkontrol terjadinya serangan asma dan juga akan meningkatkan kebugaran tubuh. Melakukan jalan kaki dengan kecepatan yang sedang bisa di perbuat selama setengan jam di dalam satu waktu, 5 menit pemanasan dan 5 menit pendinginan.

3. Bermain Voli

Bermain voli tidak harus dengan banyak bergerak, sehingga membuat aman bagi penderita asma.

4. Olahraga Rakit

Bermain seperti tenis dan badminton akan memungkinkan untuk anda mengeluarkan energi secara teratur selama anda bermain. Selain itu anda juga bisa mengkontrol kecepatan permainan yang anda mainkan.

5. Senam Asma

Senam tersebut nermanfaat untuk membuat kesegaran jasmani menigkat dan juga kemampuan untuk bernapas. Akan tetapi tidak bolih sembarangan melakukan senam asma. Ada beberpa syarat ketika melakukan senam tersebut, diantaranya tidak melakukan di kala serangan asma, batuk dan saat sesak, tidak saat serangan janung dan di saat stamina menurun.

Itulah beberapa olahraga yang baik di lakukan untuk pemderita asma. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *