Ada 7 Hal Yang Penting Saat Memberi Anak Susu Formula

By Wardah | 4 August 2017

Ibu pasti sanga mengetahui bahwa ASI merupahan yang paling terbaik untuk sang bayi. Gizi yang terkandung sangan sempurna dan tidak tertandingi. Akan tetapi tidak semua para ibu bisa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, kerena ada hal yang menyebabkan ibu berhenti memberikan ASI sesudah  bulan.

Sering kali yang di jadikan penganti untuk memenuhi gizi bayi adalah susu formula. Sehendaknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikan bayi susu formula. Gizi dan nutrisi yang ada di susu formula hanya mendekati mirip dengan ASI, oleh sebabitu susu formula tidak bisa sembarang untuk menggantikan ASI.

Ada 7 Hal Yang Penting Saat Memberi Anak Susu Formula

Di bawah ini dan beberapah yang penting untuk di perhatikan sebelum memberi bayi susu formula.

1. Jangan Memaksa Bayi

Ibu janga memaksa si bayi agar menghabiskan susu yang ada di dalam botol. Berilah bayi susu formula saat bayi terlihat lapar dan berhenti saat sudah kenyang. Bayi kebanyakannya meminum susu formula sebanyak 60ml atau 90ml setiap 1-3 jam setiap harinya.

2. Cermati Dan Kritis

Hendaknya para ibu terlebih dahulu membaca instruksi di label kemasan agar mengetahu berapa jumlah air yang pas, kerena kekurangan air akan membuat bayi diare dan dehidrasi.

3. Jangan Terlalu Banyak Memerikan Air

Jangan terlalu banyak memerikan air pada susu formula, kerena akan mengurangi kadar nutrisi yang di butuhkan.

4. Teliti Posisi Bayi

Apabila bayi kesulitan dalam meminum susu formula, berikan bayi sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Posisikan kepala si bayi di atas sesudah bayi meminum susu formula.

5. Perhatikan Usia Bayi

Janngan sembarangan memebri susu sapi kepa anak yang baru berusia satu tahun ke bawaah. Hendaknya mengkonsultasikan kepada dokter bila ibu hendak memberkan susu formula kepada anak yang usianya 1 tahun kebawah. Memberikan susu formola kepada anak yang berumur 1 tahun kebawah hanya dengan indikasi kondisi dari dokter spesialis anak.

6. Telatin Dengan Jenis Susu

Ibu hendaknya menghindari memberikan susu whole milk.

7. Cermati Penyimpanan Susu

Ibu bisa menggunakan lemari pendingin untuk menyimpan susu. Cermati instruksi jangan waktu penyimpanan. Kebiasaan susu bubuk 24 jam dan susu instan 48 jam.

Itulah beberapa hal yang pentinga yang perlu ibu ketehui sebelum beberikan buah hatinya susu formula. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *