Agar Si Kecil Tumbuh Dengan Sehat Dan Optimal

By Wardah | 20 March 2016

Dua kada tubuh dan kembang mempunyai arti yang berbeda. Tumbuh bisa di artikan dengan bertambag tinggi badan atau berat badan. Dan kembang bisa di artikan dengan bertambahnya kemampuan aktivitas fisik dan kognitif mengiringi pertumbuhan anak, seperti motorik kasar, motorik halus, dan berbicara.

Asupan gizi sangat mempengaruhi agar anak tumbuh secara optimal. Seperti asupat zat besi yang cukup akan sangat berpengaruh terhadap kerkembangan otak anak dari awal kehidupan sampai menginjak remaja. Di bawah ini adalah rekomendasi pemberian nutrisi kepada anak.

Agar Si Kecil Tumbuh Dengan Sehat Dan Optimal

• Sampai 6 bulan makanan yang paling baik bagi anak adalah ASI ibu.
• Sebelum 6 bulan sebaiknya anak tidak di berikan makanan padat, selai ASI.
• Memberikan makanan padat harus bertahap, dan hanya memberikan satu jenis makanan tiap minggunya.
• Sejak usia 6 bulan anak mulai secara rutin di berikan suplementasi zat besi.<br />
• Sebaiknya dot dan empeng tidak di gunakan, kerena akan membuat gigi bayi rusak.
• Sebaiknya tidak menambahkan gula atau garam kedalam makanan anak.
• Anak yang belum 2 tahun tidak perlu di batai asupan lemak.

Kelainan pertumbuhan pada anak bisa di lihat dari kondisinya, seperti tinggi badan, berat badan, dan lingkaran kepada yang tidak sesuai dengan kebanyakan anak di usianya. Ada sebagian kasus kondisi klinis yang meyebabkan kelainan pertumbuhan, seperti kelanan horomon dan penyakit encernaan. Namun di kasusu yang lain anak tumbuh tidak normal bisa juga di kerenakan kondisi nutrisi yang di sebabkan polamakan yang tidak sehat.

Kualitas pengasuhan dan dukungan kepda anak sangat meempengaruhi di dalam perkembangan anak dan taknya. Oranng tua bisa melakukan menstimulasi kepada anak sedini mungkin. Ada tiga hal agar cara pengasuhan anda berkualitas, sedini mungki, secara efektif, dan sesering mugkin.

Pendidikan pertama dari masa kehidupan adalah pendidikan yang paling penting. Penelitian menyebutkan 90% pertumbuhan otak anak terjadi di saat 5 tahun pertama kehidupan anak dan sebanyak 85% dari jalur saraf berkembang di saat anak belum memulai sekolah.

Itulah beberapa penjelasan agar si kecil tumbuh dengan sehat dan optimal. Sekian dan semga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *