Anak Sering Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

By Wardah | 10 January 2016

Mungkin anda pernah mendengar penyakit jantung bawaan. Penyakit ini merupakan penyakit kelainan stuktur jantung anak yang ada sejak anak lahir.

Penyakit kelainan jantung sangat banyak macamnya, seperti kelainan pembulu darah jantung, dinding jantung dan kelaianan katub jantung. Gejalan penyakit ini tidak khas, oleh kerena itu perlu perhatian yang khusus. Di bawah ini akan di jelaskan tentang penyakit jantung wabaan tersebut.

Anak Sering Sesak Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Apakah Penyakit Jantung Baawan Itu

Penyakit jantung bawaab ialah penyakit kelainan pada stuktur jantung anak yang ada sejak anak di lahirkan. Jantuk mempunyai empat ruangan yang semuanya di pisah oleh katub dan dinding otot jatung.

Penyakit ini bisa menyerang katub jantung, dinding jantung dan pembulu darah. Penyakit ini bisaa berupa katub jantung bocor atau dinding jantun berlubang.

Penyebab Penyaki Kelainan Jantung

Sangat banyak yang menyebabkan penyakit ini, di antaranya ialah.

  • Infeksi di waktu hamil. Infeksi oleh virus, seperti Jerseys virus rubella di waktu hamil
  • Memaka obat yang membuat kehamilan berbahaya dan menggunakan alkohol
  • Kelainan genitik semisal Down

Gejalan Penyakit Jantung Bawaan

1. Sesak Napas

Sesak napas salah satu gejala penyakit ini. Sesak napas bisa timbul di saar anak lagi bermain atau di saat menyusu. Bisa saja anak terlihat kelelahan di saat menyusu atau tidak kuat dalam waktu lama anak menyusu.

2.Mudah Lelah

Anak akan cepat lelah dan tidak bisa beraktifitas yang berat. Dalam beberapa kasusu bahkan terlihat kebiruan bila anak beraktifitas berat.

3. Mudah Terkena Infeksi

Anak akan mudah terkena infeksi, seperti infeksi pada saluran pernafasaan. Infeksi paru adalah infeksi yang bisa di ilang serius. Anak akan terlihat demam, sesak napas dan batuk.

4. Berat Badan Sulit Untuk Naik

Ketika anak kesulidan dalam menyusu akan berdampat asupan gigi anak berkurang. Anak yang memiiki penyakit jantung bawaan mengalami kekurangan oksigen jangka panjang sehingga pertumbunhan metabolisme tubuh terganggu.

Selalulah pantau kesehatan anak anda agar mereka selalu dalam keadaan sehat. Itulah beberapa penjelasan tentang penyakit jantung bawaan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *