Anak Terlambat Berjalan, Ini Solusinya

By Wardah | 23 August 2017

Buah hati anda sudah hampir satu tahun, akan tetapi tanda-tanda berjalan belum tampak terlihat. Dia masih berjalan denga merangkak. Apakah ddirinya ada mempunyai masalah?

Pada umumnya anak sudah bisa berjalan di saat anak sudah menginjak usia satu tahun. Akan tetapi tidak semua anak perkembangannya sama. Oleh sebab itu di buat usia batasan anak bisa berjala, yaitu bila mana anak sudah berusia 18 bulan. Bila mana anak anda masih belum berjalan dengan usia anak sudah 18 bulan, anda sebaiknya membawa kedokter untuk di lakukan pemeriksaan.

Walaupun demikian, ada beberapa kasusu anak yang terlambat berjalan masih di dalam kondisi normal, yang artinya anak tidak mempunyai kelainan saraf atau kelainan organ-organ tubuh.

Anak Terlambat Berjalan, Ini Solusinya

Bila mana perkembangan anak yang lainya normal, seperti berbicara, pengertian, dan lain sebagainya, artinya kemungkinan anak menggunakan baby walker terlalu banyak sehingga membuat otot yang di gunakan untuk berjalan masih kurang terbentuk. Atau memang anak masih malas untuk berjalan sehingga anak anda belum berjalan padahal usianya sudah satu tahun.

Akan tetapi bila anda melihat anak anda mengalami hal yang tidak wajar, seperti kepala anak terlalu kecil, badan anak terlalu pindik dan kecil, terlambat berbicara dan terlambat berjalan, maka sebaiknya anda membawa anak ke dokter untuk di lakukan pemeriksaan.

Bisa juga anak terlambat berjalan kerena kelainan organ, seperti tonus otot yang sangat lemah(otot teraba lembek) atau tonus otot yang terlalu tinggi (otot teraba kaku atau kencang). Pada umumnya yang menyebabkan anak terlambat berjalan adalah kelainan saraf, tulang, atau otot.

Bila mana doter mengatakan bahwa kesehatan anak tidak memiliki masalah, orang tua dapar melakukan cara-cara agar memicu anak untuk mau berjalan.

Orang tua hendaknya jangan terlalu menggendong bai agar bayi menggunakan otot tungkainya lebih sering. Bayi akan lebih baik berjalan bila mana otot tungkainya kuat. Orang tua bisa membantu bayi berjalan dengan memigangi bayi dari belakang.

Itulah beberapa penjelasan dan beberapa yang perlu orang tua ketahui bila mana mereka mengeluhkan bahwa anaknya terlambat berjalan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *