Apakah Bayi Perlu Terapi Air

By | 8 February 2016

Water therapy atau terapi air dikenal dengan bermagai macam istilah, seperti aquatic physical therapy, water flotation,atau hydrotherapy. Di dalam water therapya atau terapi air, bayi yang menggunakan pelampung, terutama yang dimbagian kepala, akan di ajak untuk berendam di dalam bak yang kecil. Bayi akan bebas untuk menggerakan lengan dan tungkainya, persisi menyerupai bayi di saat di dalam kandungan. Hal seperti ini banyak di lakukan d dalam layanan spa bayi

para peneliti mengatakan, di saat bayi menendang-nendang di dalam air, gelombang air akibat bayi menendang-nendang akan menstimulasi bayi untuk melatih kemampuan koordinasi dan keseimbangan. Selanjutnya hal ini di kaitkan dengan perkembangan kemampuan bayi dalam merangkak, berenang, dan berjalan di kala bayi besar nanti.

Apakah Bayi Perlu Terapi Air

Apakah Sama Terapi Air Dengan Berenang?

Water therapya atau terapi air meliputi gerakan di saat bayi berada di dalam kolam air dan dengan suhu air yang tentunya lebih hangat – Biasanya suhu air di dalam kolam renang mencapai 35-36 celsius.  Dan berenang adalah upaya yang di lakukan untuk mencegah agar tidak tenggelam saat seseorang berada di dalam kolam.

Sebainya program renang yang anda berikan kepada anak hendaknya di mulai saat anak sudak menginjak  usia 4 tahun. Walaupun demikian, kemampuan berenang anak yang kompleks baru akan bisa di dapat di saat anak sudak menginjak usia 4-5 tahun.  Bila mana anak di ajari berenang di usia dini, waktu yang di butuhkan lebih lama untuk anak dapat menguasai gerakan-gerakan. Sedangkan anak yang di ajari renang sudah berusi 4 tahun, watu yang di butuhkan lebih sedikit untuk anak menguasai gerakan-gerakan renang.

Kedua terapi tersebut (terapi air dan terapi dengan berenang) sanagt memberikan manfaat untuk perkembangan dan pertumbukan anak. Para orang tua juga harus memperhatikan keselamat anak dam memlakukan terapi tersebut, lebih-lebih terapi air untuk bayi. Akan tetapi anda juga harus lebih berar-benat mengetahui apakah terapi air di perlukan di samping pijat bayi, atau pijat bayi sudah mencukupi manfaat yang di dapat di dalam terapi air.

Itulah beberapa penjelsan tetang terapi air. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *