Asupan Sebelum Dan Sesudah Berolahraga

By | 6 April 2016

Makan dan olahraga adalah dua hal yang tidak disa dipisahkan. Agar dapat melakukan olahraga dengan baik, tubuh membutuhkan energi yang cukup dari berbagai macam  sumber makanan. Tidak semua makanan baik kita konsumsi sebelum berolahraga, akan tetapi tergantung jenis olahraga yang hendak kita lakukan. Selain itu, jenis makanan yang kita konsumsi ternyata mempengaruhi pada performa kita di saat berolahraga. Salah dalam memilih komposisi atau salah waktu makan ketika kendah berolahraga bukannya menambah semangat tubuh untuk berolahgara, malah akan mebuat tubuh lemas dan berat saat berolahraga.

Asupan Sebelun Dan Sesudah Berolahraga

Bagi orang yang hendak melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dengan jarak yang dekat di pagi hari, mungikn dengan meminum segelas air putih sudah cukup sebagai penamabah cairan di dalam tubuh. Akan tetapi bila mana anda berniat untuk menambah jarak, atau menjadi lari ringan, anda harus mengkonsumsi makanan untuk menambah energi anda, kerena energi sisa dari makan malam tidak dapat memenuhi kebutuhan energi anda. Oleh kerena itu anda harus mengkonsumsi makanan guna menambah energi anda sebelum berolahraga. Berikut keterangan makanan yang bisa anda konsumsi sebelum dan sesudah berolahraga.

Sereal/Roti Gandum

Gandum mengandung serat yang baik untuk anda konsumsi 30 menit sebelum hendak  berolahraga. Karbohidrat yang terkandung di dalam sereal gandum akan di lepaskan secara bertahap, jadi saat berolahraga energi anda akan tetap terjaga. Gandum mengadung vitamin B yang di percaya membantuh merubah karbohidrat menjadi energi.

Susu Rendah Lemak                

Sangat banyak manfaat yang terkandung di dalam susu rendah lemak, terutama dalam proses rehabilitasi otot setelah anda melakukan olahraga. Selain itu susu rendah lemak juga mampu mencegah terjadinya kerusakan pada otot yang kadang terjadi sebagai efek dari berolahraga.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang baik di konsumsi sebelum anda melakukan olahraga. Pisang buah yang kaya  karbohidrat dan mudah di cerna tubuh sehingga mampu untuk menghasilkan energi instan yang siap untuk di gunakan. Potasium yang ada di dalam buah pisang sangat bermanfaat untuk menutrisi otot dan saraf. Namun potasium tidak mampu bertahan lama di dalam tubuh. Oleh sebab itu, makanlah buah pisang 30 menit sebelum anda berolahraga untuk mempertahankan kadar potasium dan karbohidrat di darah tetap tinggi.

Buah Dan Yogurt

Buah dan yogurt sangat baik di konsumsi sebelum berolahraga, kerena buah mengadung karbohidrat yang mudah di jadikan energi. Sedangak yogurt memiliki protein yang baik untuk membantu rehabilitasi otot setelah melakukan olahraga.

Itulah beberapa keterangan tentang asupan sebelun dan sesudah berolahraga. Semoga tulisan ini memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *