Bahan Dasar Membuat Makanan Sehat Untuk Bayi

By | 10 May 2015

Konsumsi makanan sehat adalah kebutuhan bagi seorang bayi. Oleh sebab itu, orang tua hendaknya memilih dan memilah asupan yang tepat, baik itu dari segi nutrisi maupun jumlahnya. Selain itu, orang tua juga harus mampu mengolah makanan sehat untuk bayi, sehingga nantinya proses pertumbuhan tidak mengalami kendala yang berarti. Oleh karena itu, untuk memberi wawasan serta pengetahuan yang lebih luas kepada para ibu maupun ayah di rumah, beberapa makanan sehat untuk bayi di bawah ini dapat dijadikan referensi bahan baku sehari-hari dalam membuat makanan.

Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak sekali lemak tak jenuh yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, rasanya pun ringan, tidak terlalu manis dan tidak terlalu masam pula. Bahkan jika Kita sering mengkonsumsi buah hijau ini, Kita akan tahu bahwa daging dari buah alpukat sangatlah lembut, sehingga mudah dikonsumsi oleh semua umur.

Anda dapat mencampurkan buah alpukat yang dihaluskan dengan susu ASI ataupun susu formula. Aduk hingga bentuknya hampir seperti bubur. Setelah itu hidangkan untuk sang bayi.

Makanan Sehat untuk Bayi

Ubi jalar

Makanan sehat untuk bayi selanjutnya adalah ubi jalar. Menurut The Best Homemade Baby Food on the Planet disebutkan bahwa ubi jalar adalah salah satu makanan yang paling bergizi untuk bayi. Tanaman merambat ini mengandung senyawa beta-karoten yang nantinya diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Kandungan vitamin A bukan hanya baik untuk penglihatan sang bayi, namun juga meningkatkan kualitas kulit dan melindungi tubuh dari infeksi.

Menurut ahli gizi klinis pediatrik, Susan Casey di rumah sakit Seattle menyebutkan bahwa ubi jalar dapat dibuat menjadi makanan bayi dengan cara dilembutkan seperti bubur atau dibuat menjadi puding.

Daging

Jenis daging, seperti daging sapi, ayam dan domba mengandung sumber nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan bayi. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin, seperti zat besi, niasin, riboflavin, zinc dan vitamin B6 pada daging juga dapat menyokong tumbuh kembang bayi secara keseluruhan.

Makanan sehat untuk bayi ini dapat Anda oleh dengan cara dicincang. Namun jika membuat sang bayi tersedak, Anda bisa mencampurkannya dengan ASI menjadi bubur atau membeli bubur polos dengan campuran daging.

Yogurt

Semua jenis yogurt adalah pilihan terbaik untuk asupan bergizi bagi bayi. Selain kaya akan protein, yogurt juga mengandung banyak kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Anda dapat membeli yogurt dari olahan susu sapi segar tanpa gula atau perasa.

Madu

Makanan sehat untuk bayi terakhir yang dapat Anda gunakan sehari-hari adalah madu. Hasil akhir dari pekerjaan lebah ini ternyata bukan hanya dapat menangkal berbagai macam penyakit untuk orang dewasa, namun juga dapat dijadikan sumber nutrisi yang baik bagi bayi. Namun begitu, Anda baru bisa memberikan madu kepada bayi yang sudah berumur di atas satu tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *