5 Bahaya Earphone Bila Terlalu Sering Di Gunakan

By Wardah | 11 December 2015

Apakah anda termasuk orang yang sering menggunakan earphone? Earphone memang akan memberikan anda kemudahan dalam mendengarkan musik dan suara apapun melalui gadget yang anda miliki. Akan tetapi ternya earphone juga berdampak buruk bagi kesehat telinga anda biala di gugan terus menerus. Tahukah anda bahaya earphone bagi kesehatan pendengaran? Di bawah ini akan di sebutkan ada 5 bahaya earphone bagi kesehatan telinga anda.

5 Bahaya Earphone Bagi Kesehatan Teling

Telinga Menjadi Sakit

Salah satu yang di timbulkan kerena terlalu sering menggunakan earphone iyalah rasa sakit pada telinga. Peneliti menyebutkan orang yag sangat sering memakai earphone dan headphone akan lebih sering mengalami sakit di bagian telinga.

Bahaya Earphone Bila Terlalu Sering Di Gunakan

Kehilanga Pendengaran

Apabila anda memakai earphone maka janganlah terlalu lama, di sarankan anda memakai earphone 15 menit saja, sesudah itu anda harus mengistirahatkan telinga anda sebelun anda mulai memakainya lagi, ini di kerenakan memaki earphone terlalu lama akan membuat kerusakan pada gendang telinga dan bila terlalu parah anda akan mengalali tuli.

Memberikan Efek Pada Otak

Gelombang elektromagnetik yang keluar dari earphone ataupun headphone sangat berbahaya untuk kesehatan otak anda. Sebuah penelitianpun menyatakan orang yang sangat sering menggunkan earphone atau headphone akan lebih rentan terkena masalah otak.

Membuat Saluran Telnga Tersumbat

Design earphone yang kecil dan juga lubang telinga tertutup sepenuhnya membuat udara yang masuk ketelinga juga terhambat. Bahaya akan timbul bila anda menggunakanya terlalu lama, ini akan mengakibatkan telinga infiksi, kotoran telinga menumpuk. Bila sangat parah maka anda akan kehilamgan pendengaran anda.

Infeksi Telinga

Apakah anda termasuk orang yang sering atau terbiasa memakai earphone secara bergantian, baik itu dengan teman ataupun dengan keluarga anda, maka anda harusnya waspada, kerena anda sangat berpeluang mengalami infeksi tepinga, ini di sebabkan bakteri yang terdapat di telinga orang lain akan berpinda ketelinga anda sehingga bisa menimbulkan infiksi pada telinga.

Itulah bahaya earphone terhadap pendengaran dan telinga anda bila anda terlalu sering menggunakannya. Seperti yang telah di sebutkan di atas hendaknya anda menggunakan earphone tidak melebihi 15 menit, lalu anda harus mengistirahatkan telinga anda apabila anda ingin menggunakannya kembali. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *