Bahaya Headphone Bagi Kesehatan Telinga

By | 10 December 2015

Mungkin anda pernah menegur orang yang menggunakan headphone dan suaranya sangat keras sampai-sampai andapun bisa mendengarnya. Itu berarti anda sudah menyadari sunglasses bahaya headphone untuk kesehatan pendengan bila di gunakan dengan suara yang sangat keras. Angaka gangguan pada pendengaran meningakat 30% di bandingkan pada tahun 1980, dan para ahli meyakini salah satu penyebab angka ini menaik kerena kesalah dalam menggunakan headphone.

Headphone termasuk gaya hidup para anak muda zaman sekarang, olek kerena itu headphone banyak hadir dengan berbagai macam gaya, ukuran dan dengan model yang lagi trendy, sehingga membuat anaka muda semakin gemar menggunakan headphone. Walaupun headphone asik di gunakan, tapi tahukah anda headphone juga akan merusak pendengaran anda bila mana volume yang anda gunakan terlalu besar saat anda mendengarkan musik atau semacamnya.

Bahaya Headphone Bagi Kesehatan Telinga

Bahaya Headphone Bagi Kesehatan Telinga

Headphone termasuk alat yang sangat di perlukan semua orang, lebih lagi orang yang pekerjaanya harus menggunakan headphone. Yang menjadi masalah ialah saat anda menggunakan headphone dan anda menggunakan volumenya terlalu tinggi, bila anda meelakukannya terus menerus maka ini mengakibatkan rusaknya pendengaran anda. Penyebabnya ialah suara akan masuk ke liang telinga, membuat gendang telinga bergetar dan tulang pendengaran meneruskan. Ujungnya getaran ini membuat sel rambut pada koklea bergetar, yang di lanjutkan untuk merangsang pusat pendengaran di otak. Volume yang keras akan membuat sel rambut rusak dan ini akan di gantikan oleh jaringan parut. hal ini akan membuat anda mengalami ketulian.

Berapakah Volume Saat Menggunakan Headphone?

Alat untuk memutar MP3 taupun headphone dapat menghasilkan suara sampai 120 bd. Tanda volume headphone anda tinggi dengan tidak mendengarnya anda suara di sekitar saat anda menggunakan headphone.

Di sarankan supaya anda tidak menggunakan volume headphone anda melebihi 60% dan tidak melebihi 60 menit dalam satu hari.

Janganlah anda menggangap kecil bahaya yang di timbulkan oleh headphone. Cobala untuk menyadari betapa pentingnya kesehatan organ tubuh anda. Gunakan headphone dengan benar lebih-lebih lagi saat anda mendengerkan musik dan semisalnya agar pendengaran anda tetap terjaga dan tidak rusak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *