Bahaya Terlalu Sering Makan Gorengan

By Wardah | 3 February 2016

Tidak di pungkiri lagi sangat banyak orang yang suka makan masakan yang di goreng, lebih-lebih itu gorengan. Berbagai macam menu dan jenis masakan yang di goren menandakan begitu banyak orang yang meminati masakan yang di goreng.

Pada umumnya, orang lebih banyak mengkonsumsi masakan yang di goreng di andigkan masakan yang di tumis, di rebus ataupun di masak dengan cara di bakar. Memang rasa dan bau masakan yang di goreng lebih enak dan lebih mengoda di bandingkan dengan yang di rebus atau di tumis, akan tetapi tahukan anda ternyata terlalu banyak mengkonsumsi masakan yang di goreng akan membahayakan kesehatan anda.

Bahaya Terlalu Sering Makan Gorengan

Untuk mengetahui apa saja yang di timbukan kerena terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, di bawah ini penjelasannya.

Risiko Gemuk Semakin Meningkat

Makanan yang di masak dengan di goreng cenderung memiliki kalori yang tinggi, kerena 1 gram lemak sama dengan 9 kalori. Hal ini lebih tinggi dua kali lipat di bandingkan dengan 1 gram karbohidrat atau protein yang kandungan kalorinya hanyai 4 gram. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan, orang yang dalam seminggu lebih 4 kali mengkonsumsi gorengan akan meningkatkan risiko badan menjadi gemuk.

Risiko Stroke Akan Meningkat

Orang yang dalam seminggu mengkonsumsi gorengan sebanyak 6 kali akan meningkatkan risiko mengidap penyakit stroke sebanyak 41%.  Hal ini di kerenakan makanan yang di goreng tinggi akan lemak jenuh, semisal minyak kelapa, mentega, keju, dan daging merah yang  berpotensi menjadi plak kolesterol yang mampu menyumbat pembulu darah.

Risiko Diabetes Meningkat

Menurut sebuah studi risiko terkena diabetes tipe 2 akan meningkat kepada orang yang mengkonsumsi gorengan minimal 1 kali dalam seminggu.

Risiko Kanker Meningkat

Sebuah studi mengatakan, orang akan lebih tinggi risiko mengalami kanker prostat bila mana mengkonsumsi gorengan setiknya seminggu sekali.

Untuk tubuh tetap dalam keadaan sehat buka hanya rutin melakukan olahraga, akan tetapi memperhatikan apa yang di makan juga penting, salah satunya membatasi makan makanan yang di goreng.

Itulah beberapa penjelasan tentang gorengan. Sekian dan semoga mendatangkan manfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *