Beberapa Bahaya Membakar Peastik

By Wardah | 15 May 2016

Benda plastik sudah menjadi teman kita sehari-hari. Tanpa di sadari kita selalu menggunakan pelastik, seperti kantung pelastik, botol plastik, dan berbagai macam benda plastik lainnya.

Hal inilah yang membuat sampah plastik di lingkungan kita semakin bertambah. Sedangkan untuk mengurai sampah plastik secara alami di perlukan waktu yang sangat lama, oleh kerena itu tidak sedikit orang yang melenyapkan sampah  plastik dengan membakarnya.

Beberapa Bahaya Membakar Peastik

Ternyata Membakar Plastik Membahayakan Keseahatan

Hal inilah yang sangat banyak masyarakan tidak ketahui bahwa membakar sampah plastik mebahayakan kesehatan. Kerena saat kita membakar plasti zat-zat berbahaya seperti dioksin dan furan, karbon monoksida, volatil, dan partikel lainnya akan mengembang di udara, sehingga kesehatan tubuh kta terancam.

Berikut penjelasan dampak dari zat-zat tersebut bagi kesehatan kita:

Dioksin Dan Furan   

Telah terbukti dua zat ini dapat memicu kanker dan dapat menyebabkan kecacatan pada janin bila di hirup ibu yang sedang hamil. Selain itu, dua zat ersebut juga dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan hormon di dalam tubuh, seperti mempercepat terjadinya pubertas pada anak perempuan atau meningkatkan risiko terkena kanker testis pada laki-laki.

Karbon Monoksida

Karbon monoksida adalah zat yang sangat berbahaya bila mana terhirup dalam jumlah yang sangat besar. Zat tersebut bisa menyebabkan sakit kepala dan pusing. Selain itu, zat tersebut juga dapat membuat penglihatan terganggu dan menurunkan kesadaran.

Volatin

Tahukan anda zat tersebut ternyata dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti kanker sampai masalah sistem saraf. Zat tersebut juga dapat menimbulkan masalah pada pernafasan, sepert asma, iritasi saluran nafas, dan penyakit paru-paru kronis.

Setelah kita mengetahui bahaya yang di timbulkan dari membakar sampah plastik, hendaknya kita sadar dan mencegah melakukan pembakaran sampah plastik, kerena bukan hanya anda dan keluarga anda yang terancam kesehatannya, namun orang-orang yang di sekitar anda juga teranam kesehatanya.

Hal yang paling baik yang bisa kita lakukan adalah mengurangi menggunakan plasti.  Mulailah dari sekarang untuk mencintai lingkungan dan kehidupan kita, salah satunya dengan mengurangi penggunaan pelastik dan menghindari membakar pelastik di sembarang tempat. Sekian dan semoga penjelasan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *