Beberapa Jenis Makanan Penyebab Masalah Pencernaan

By Wardah | 12 November 2017

Diare, asam refluks, bowel syndrome, sembelit dan kembung adalah beberapa diantara penyakit yang hadir pada pencernaan. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut menyerang. Namun alasan yang paling utama adalah karena konsumsi makanan atau minuman yang bermasalah. Oleh sebab itu, untuk membuat Anda lebih selektif, beberapa makanan penyebab masalah pencernaan di bawah ini wajib Anda ketahui.

Pemanis buatan

Mengganti gula dengan pemanis buatan mungkin dapat mengurangi efek kalori dalam tubuh Anda. Namun secara tidak langsung, pemanis buatan memiliki efek negatif yang besar bagi pencernaan. Bahkan dalam beberapa keadaan bisa saja menimbulkan penyakit diare dan gas.

Makanan Penyebab Masalah Pencernaan

Coklat

Makanan penyebab masalah pencernaan selanjutnya adalah coklat. Biasanya coklat mengandung senyawa bernama kafein, senyawa yang sama dengan yang terkandung di dalam kopi. Zat tersebut diteliti dapat memicu rasa mulas serta gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, mengkonsumsi coklat secara berlebihan juga dapat memberi risiko terkena penyakit diare.

Namun perlu diingat, tidak semua coklat adalah makanan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Coklat hitam adalah salah satu jenis coklat yang bersifat sebaliknya, yaitu dapat menyerap air pada pencernaan, sehingga mencegah timbulnya penyakit diare. Selain itu, coklat hitam juga mengandung serat yang baik bagi tubuh.

Makanan olahan

Saat ini banyak sekali makanan olahan yang dibuat hanya dengan resep lezat dan tanpa resep sehat. Sehingga tidak sedikit komposisi di dalamnya mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan masalah bagi pencernaan. Misalnya saja soda, roti putih, keripik kentang, popcrone, spageti, hamburger, pizza dan masih banyak lagi.

Sebagian besar dari makanan-makanan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan saluran pencernaan. Bahkan jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan-makanan tersebut dapat menimbulkan kembung, kram, masalah GI dan berat badan. Bahkan tidak sedikit yang mengalami masalah jantung dan diabetes tipe-2 hanya jerseys karena mengkonsumsi makanan olahan yang biasa Kita sebut dengan nama junk food.

Makanan pedas

Memberi sedikit rasa pedas pada makanan untuk menambah selera adalah sesuatu yang tidak bermasalah. Namun jika berlebihan, maka akibatnya adalah terjadi peradangan pada saluran pencernaan, mulai dari mulut hingga usus. Peradangan tersebut bila didiamkan begitu saja dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, seperti diare dan maag.

Untuk menangani masalah ini, Anda dapat mencegah peradangan dan luka bakar pada pencernaan dengan cara mengkonsumsi cairan pendingin, seperti susu, yogurt dan keju. Selain itu, mengkonsumsi air putih secara teratur juga dapat mencegah Anda dari penyakit maag dan diare akibat makanan pedas.

Makanan berlemak

Makanan penyebab masalah pencernaan yang terakhir adalah berbagai macam olahan berlemak, seperti steak, kentang goreng, iga dan es krim. Makanan-makanan tersebut bukan hanya menimbulkan refluks asam pada pencernaan, namun juga dapat memperparah kondisi seseorang yang mengidap penyakit maag. Bahkan, minyak pada makanan berlemak dapat menimbulkan asam lambung yang mencuat sehingga menyebabkan rasa mulas yang sangat.

Kesimpulan

Untuk mencegah makanan penyebab masalah pencernaan ini hadir pada diri Anda, sudah sepantasnya Anda memilah makanan mana saja yang sehat dan mana yang buruk. Anda juga bisa memulai mengganti minyak goreng biasa dengan minyak lemak nabati atau zaitun agar terhindar dari lemak jenuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *