Beberapa Penyebab Sakit Kepala Yang Perlu Anda Tahu

By Wardah | 20 January 2015

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang paling umum dialami oleh masyarakat. Meski banyak orang yang mengaku sering mengalami sakit kepala, namun sebagian besar diantara mereka justru tidak memahami penyebabnya. Tentu hal ini sangat tidak baik mengingat pemahaman penyebab sakit kepala dapat berpengaruh terhadap usaha kita untuk menangkalnya. Nah, untuk menjawab masalah tersebut, berikut akan saya sajikan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya sakit kepala.

Penyebab sakit kepala yang pertama adalah keberadaan aroma yang menyengat. Aroma yang menyengat akan membuat kepala terasa pusing. Karena itulah, hindarilah sumber-sumber aroma menyengat agar anda juga terbebas dari sakit kepala. Sumber aroma yang menyengat berbeda-beda menurut persepsi seseorang. Kebanyakan aroma tersebut berasal dari cat, parfum, dan lain-lain.

Penyebab Sakit Kepala

Penyebab yang kedua adalah karena memakan makanan yang banyak mengandung zat tiramin. Zat Tiramin adalah zat yang dikandung oleh makanan yang diproses dalam waktu yang lama. Contoh makanan yang banyak mengandung zat tiramin adalah keju dan alkohol. Orang yang tidak suka makan keju, kebanyakan adalah disebabkan karena mereka merasa pusing ketika mencium aroma atau mencicipinya. Sedangkan untuk mereka yang tidak suka alkohol, mereka pasti akan merasa pusing ketika mencium aromanya. Hal tersebut dikarenakan terdapat penekanan darah yang lebih keras dibanding biasanya pada bagian kepala.

Penyebab sakit kepala yang ketiga adalah karena dehidrasi. Dehidrasi disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh. Ketika hal ini terjadi pada anda, maka selain lemas anda pasti akan merasa pusing dan sakit kepala. Keadaan ini dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi minuman yang dapat mengembalikan cairan tubuh. Minuman yang paling disarankan adalah air kelapa muda.

Penyebab yang selanjutnya adalah karena asap rokok. Rokok mengandung zat bernama nikotin. Zat inilah yang dapat membuat penyempitan pembuluh darah dibagian kepala. Penyempitan ini kemudian akan menimbulkan pusing. Itulah penyebabnya mengapa penderita migrain mendekati asap rokok bahkan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Selain 4 sebab diatas, sakit kepala juga disebabkan oleh konsumsi kafein, posisi tubuh yang salah, latihan fisik yang berlebihan, dan lain-lain. Demikianlah beberapa ulasan mengenai penyebab sakit kepala. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *