Berbagai Masalahh Gigi Pada Anak Dan Cara Mengatasasinya

By | 6 January 2016

Penyekit pada gigi dan juga mulut sangat berpengaruh pada proses perkembangan anak. Anak yang kekurangan gizi rawan terkenan penyakit gigi dan juga mulut. Di bawah ini ada beberapa masalah pada gigi anak terutama pada gigi susu dan beberapa cara mengatasinya.

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang di kerenakan infeksi bakteri. Bila tidak segera di obati lubang gigi akan membesar dan infeksi akan mencapai syarap gigi, pada akhinya gigi akan mati.

Berbagai Masalahh Gigi Pada Anak Dan Cara Mengatasasinya

Cara Menangani

Segeralah memeriksakannya ke dokter. Dokter akan menerangkan alternatif untuk menangani gigi anak yang berlubang. Mengobatinya bisa dengan menambal, tindakan pencegahan, atau perawatan syarap bila mana infeksi sudah menjapai pulpa gigi. Gigi terpaksa di cbut bila tidak bisa di pertahankan lagi.

2. Gigi Anak Tidak Rata

Gigi tidak rata bisa di kerenaka gigi susu tanggal secara dini dan membuat gigi permanin kehilangan panduan untuk tumbuh. Sehingga gigi tumbuh di posisi yang tidak normal.

Cara Menangani

Apabila gigi susu tanggal secara dini, ruangan bekas gigi tersebut harus di biarkan untuk tempat tumbuh gigi tetapnya nanti. Gigi yang tidak rata juga bisa di obati dengan perawatan orthodontik (memasang kawat gigi). Akan tetapi pada anak-anak hendaknya dokter gigi spesialis gigi anak yang melakukan perawatan orthodontik.

3. Gigi Susu Tinggal Akar

Anak yang selalu mimum susu botol, pada umumnya akan mengalami karies rampan, lebih-lebih minumnya sambil keadaan tidur. Ciri-cirinya ialah mahkota gigi depan rusak dan hanya sisa akarnya saja. Akar gigi yang rusak sebainya di cabut, kerena akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan akan membuat infeksi yang mengakibatkan pembengkakan atau benjulan di gusi seperti bisul(absen).

Cara Menangani

Anak yang sedang mengalami karies rampan, dokter gigi biasanya melakukan observasi. Dokter gigi biasanya membuatkan space maintainer bila gigi anak di cabut, ini berguna agar gigi tumbuh tetap dalam aturanya.

Untuk mencegah berbagai masalah pada gigi susu adalah dengan menggosok gigi anak anda 2 kali dalam sehari dengan menggunakan pasta berfluor. Hendaknya menggosok sesudah sarapan dan sesudah bagun dari tidur.

Itulah yang bisa anda lakukan saat menghadapi berbagai masalah pada gigi anak anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *