Bolehkah Memberikan ASI Kepada Bayi Kuning

By Wardah | 14 August 2016

Bagi para ibu tidak asing lagi tentang istilah bayi kuning. Namun sangat sedikit para ibu yang mengetahui penyebab bayi kuning. Biasanya bayi kuning di sebabkan kelebihan bilirubin –zat pada darah yang biasanya berjumlah sangat sedikit. Ketika bayi lahir, bilirubin dapat terbentuk dengan cepat dan akan di buang melalui saluran percernaan.

Hampir seluruh bayi yang baru di lahirkan mengalami kuning ringan, antara hari kedua dan ketiga setelah bayi di lahirkan. Hal tersebut tidak berbahaya, kerena dapat hilang di kala usia bayi sudah 2 minggu.

Mungkin para ibu pernah mendengar  informasi  yang mengatakan bahwa bayi kuning tidak boleh mendapatkan ASI. Apakah benar hal tersebut?

Bolehkah Memberikan ASI Kepada Bayi Kuning

Ibu harus tahu terlebih dahulu bahwa ada 2 hal yang menyebabkan bayi kuning.

  1. Kerena proses menyusui.
  2. Akibat ASI.

Kuning yang di sebabakan menyusui dapat terjadi ketika bayi tidak mendapatkan ASI dalam jumlah cukup. Hal ini bisa di kerenakan masalah yang membuat proses menyusui terhambat  atau karena ASI ibu masih belum keluar.

Sedangkan kuning yang di kerenakan ASI,  di sebabkan zat yang ada pada ASI mencegah keluarnya bilirubin dari tubuh bayi. Kuning akibat ASI ini bisa terjadi pada bayi sehat yang diberi ASI setelah berumur 1 minggu. Kuning nfl jerseys yang jenisnya seperti ini tidak membahayakan bayi dan bisa berlangsung selama 1 bulan atau lebih.

Cara Mengatasi

Ibu sebaikya berkonsultasi kepada dokter spesiais anak bila terjadi hal demikian.  Dokter akan memantau kadar bilirubiin yang ada di tubuh bayi dengan melalui pemeriksaan darah. Selain yang demikian, dokter juga akan mencoba menemukan kemungkinan lain menyebabkan kuning pada bayi Anda.

Biila mana kuning pada bayi karena menyusui, maka ibu bisa menaganinya dengan memberikan ASI lebih sering atau lebih lama agar kebutuhan bayi tercukupi. Kerena pemberian ASI yang cukup bisa membantu tuhuh bayi untuk mengeluarkan bilirubin yang berlebih melalui darah.

Bila mana kuning disebabkan oleh ASI, kemungkinan dokter akan beberikan saran kepada Anda untuk mengganti ASI dengan susu formula. Akan tetapai  biasanya ini hanya sementara waktu. Tapi ingat, jangan sekali-kali mengganti ASI dengan susu formula kecuali disarankan oleh dokter.

Itulah beberapa penjelasan tentang bolehhkah bayi kuning mendapatkan ASI. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *