Cara Alami Mengobati Malaria

By Wardah | 20 April 2015

Malaria adalah sebuah penyakit yang sudah umum Kita dengar. Biasanya, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini mengakibatkan badan menjadi menggigil dan demam tinggi. Selain itu, dalam banyak survey data menunjukan bahwa Asia adalah salah satu benua yang paling banyak penyebaran infeksi parasit malarianya. Oleh sebab itu, jika Anda atau keluarga mengalaminya, beberapa cara alami mengobati malaria di bawah ini mungkin akan sangat membantu.

Jeruk bali

Hampir semua buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan tidak terkecuali jeruk bali. Buah yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jenis-jenis jeruk lainnya ini mampu secara efektif untuk mengobati malaria. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara teratur setiap hari.

Cara Alami Mengobati Malaria

Kayu manis

Cara alami mengobati malaria selanjutnya adalah dengan menggunakan kayu manis. Salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai penyedap rasa makanan ini dapat dijadikan obat efektif untuk penyakit malaria. Cara mengolahnya adalah dengan direbus bersama dengan segelas air, sejumput bubuk merica dan 1 sdt madu. Untuk lebih praktis, Anda bisa membeli kayu manis bubuk. Lanjutkan dengan mengkonsumsi ramuan tersebut setiap hari.

Lemon

Selain jeruk bali, ternyata buah lemon juga dapat dijadikan cara alami mengobati malaria, tepatnya untuk mengurangi dampak quartan demam. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu gelas air putih dengan 4 hingga 5 tetes jeruk nipis dan satu jus lemon. Setelah itu konsumsi ramuan tersebut jika demam muncul.

Artemisia annua

Bahan herbal selanjutnya yang dapat Anda jadikan cara alami mengobati malaria adalah artemisia annua atau apsintus manis. Dengan meramu bahan alami tersebut, penyakit malaria akan segera pergi. Sedangkan untuk membuatnya, Anda bisa memasukan artemisia annua ke dalam air dingin, setelah itu mengkonsumsi air tersebut secara rutin hingga hasilnya optimal.

Tawas

Anda dapat mencari tawas yang sudah dikeringkan dan dibubukan. Setelah itu, konsumsi 1 sdt bubuk tawas tersebut 4 jam sebelum terjadi demam dan 1/2 sdt setelah 2 jam terjadi demam. Ramuan tawas kering tersebut dapat dijadikan bantuan yang besar untuk mengobati malaria.

Chirayata

Chirayata adalah salah satu tanaman botanikal yang biasa juga disebut dengan nama Swertia andrographis paniculata. Banyak penelitan menyebutkan bahwa chirayata dapat mengobati demam akibat malaria. Bahkan dengan mengkonsumsi tanaman herbal ini, sekitar 2 siung ditambah dengan sedikit kayu manis, suhu panas yang dialami pasien akan berangsur-angsur menurun.

Daun kemangi suci

Daun kemangi suci atau holy basil adalah obat herbal yang bermanfaat untuk mencegah malaria, termasuk sebagai obat untuk mengetahui seberapa parah tingkatan penyakit malaria yang dialami seseorang. Untuk menggunakannya sendiri, Anda dapat mencampurkan 11 gram daun kemangi suci dengan 3 gram bubuk lada hitam. Lanjutkan dengan mengkonsumsinya setiap hari ketika tidak mengalami demam tinggi.

Malaria adalah penyakit yang sering menyebabkan Kita bingung untuk mengatasinya. Bahkan jika tidak sigap, maka demam akibat malaria hanya akan dianggap panas biasa dan membuat orang yang menderitanya tidak dapat tertolong. Oleh sebab itu, sebelum semuanya terjadi, alangkah baiknya untuk mencegah penyebaran nyamuk pembawa infeksi malaria tersebut dengan cara selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *