Cara Ampuh Memperkecil Pori-Pori Wajah

By Wardah | 11 December 2017

Wajah yang berpori-pori besar akan menjadikan orang tidak percaya diri. Lalu apakah yang bisa di lakukan agar pori-pori wajah mengecil dan wajah tetap sehat?

Pori-pori adalah tempat keluar untuk minyak alami yang ada pada kulit atau sebum yag ada pada kelenjer minyak. Kegunaan minyak alami ini ialah untuk memelihara kelembapan kulit dan juga berguna untuk melindungi permukaan kulit.

Masalah akan timbul apabila kelenjar minyak terlalu aktif bekerja, dan ini bisa membuat kadar minyak pada kulit meningkat, lalu bercampur kotoran atau kulit mati, ini akan mengakibatkan pori-pori tersumbat. Apabila pori-pori sudah tersumbat terhambatlah pula miyak alami dan ini akan membuat pori-pori membesar (agar minyak mempunyai ruang untuk keluar kekulit).

Cara Ampuh Memperkecil Pori-Pori Wajah

Penyebab Pori-Pori WajahTerbuka

Gen seseorang sangat berpengaruh untuk menentukan ukuran pori-porinya. Pori-pori secara pisik tidak akan dapat di kurangi, tapi permukaan pori-pori dapt menipis dengan di lakukannya perawatan. Penyebab yang sering membuat pori-pori terbuka seperti:

1. Kerusakan yg terjadi pada jaringan kulit ( elastin dan kolagin )yang di sebabkan oleh sinar matahari sehingga membuat pori-pori muka membesar.

2. Tidak tepat dalam mengeluawarkan jerawat atau komedo juga berpengaruh membuat pori-pori membesars.

Kegunaan Vitamin A Bagi Pori-Pori Wajah

Vitamin A sangat berfungsi untuk memperbaiki pori-pori, kerna zat yang terkandung pada vitamin A adalah zat turunan vitamin A atau golongan retinoid. Zat ini sangat berguna untuk menjadikan rasio pergantian sel kulit meningakat dan mengurangi terjadinya sumbatan di pori-pori.

Cara Agar Pori-Pori Wajah Mengecil ?

Untuk membuat pori-pori selalu terlihat kecil iyalah merawatnya agar tetap selalu bersih. Dibawah ini ada bebrapa kebiasaan agar pori-pori selalu terlihat kecil dan tetap sehat:

1. membersihkan wajah sebelum maupun sesudah olah raga dan juga membersihkannya sebelum hendak tidur, ini di kerenakan kotoran yang ada pada kulit akan lebih dalam masuk kepori-pori apa bila wajah sedang berkeringat.

2. Mengunakan pelembab maupun tata rias yang tidak akan memicu komedo maupun jerawat untuk berkembag. Prodok yang membuat pori-pori lebih besar apa bila terkandung di prodok itu petrolatum. Minyak mineral juga memicu pori-pori terkena iritasi sehingga pori-pori akan tampak lebih besar.

3. Melakukan eksfoliasi sekurang-kurangnya 1 sampai 3 kali dalm seminggu untuk memperbersih sisa-sisa kulit mati dati pori-pori maupun permukaan kulit.

4. Apabila anda mempunyai kulit yang mudah berjerawat ataupun berpori-pori besar maka gunakan prodok yang mengandung asam salisilat. Apabila sedang hamil ataupun sedang menyusui maka hendaknya menghindari retinol dan asam salisilata, tapi hendaknya berdiskusi kepada dokter alretnatif apa yang bisa anda gunakan untuk merawat wajah anda dan anda tetap dalam keadaan sehat.

Apabila anda termasuk keluarga yang mempunyai pori-pori besar dan kulit berminya maka anda hendaknya melakukan perawatan secara rutin dan maksimal, kerna kulit anda merupakan jenis kulit yang sangat cenderung berpori-pori besar.

Itulah cara agar dapat membut pori-pori wajah terlihat kecil. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *