Cara Cepat Menghentikan Diare Pada Anak

By Wardah | 3 December 2017

Anak-anak seringkali  terkena deari, terutama di fase oral hingga umur 1 tahun. Jika tidak di tangani dengan tepat, deari akan membuat kondisi anak semakit buruk.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat ibu lakukan bila buah hatinya mengalami deari yang terjadi pada anak anda:

Memberikan Anak Cairan

Ibu hendaknya memberikan anak banyak cairan di saat anak mengalami deari, ini bertujuan agar anak terhindak dari dehidrasi, Terutama bila anak mengalami deari yang di sertai dengan muntah-muntah.

Idealnya anak harus minum banyak cairan yang mengandung air, gula, dan garam. Seperti air yang di campur jus dan sup kaldu.

Cara Cepat Menghentikan Diare Pada Anak

Ibu harus menjaukan anak dari minuman bersoda, kerena minuman bersoda dapat membuat deari semakin memburuk.  Selain itu ibu juga harus tetap memberikan ASI kepada anak yang mengalami deari.

Hindari Makanan Yang pedas

Anak yang mengalami deari lebih di sarankan mengkonsumsi bubur atau makanan yang berkuah di bandingkan mengkonsunsi makanan yang kering.

Selain itu ibu juga menghindari memberikan anak makanan yang pedas dan berminyak.

Memberikan Obat

Ibu hendaknya sebelum memberikan anak obat deari berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, kerena ibu tidak di anjurkan memberikan obat deari tanpa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Yang paling penting untuk mengatasi deari adalah dengan meningkatkan asupan cairan, sebab ada beberapa deari yang tidak membutuhkan obat.

Semakin cepat ibu mengatasi deari yang di derita anak, semakin besar pula anak terhindar dari efek buruk yang di sebabkan deari.

Bila anak tidak mau minum dan makan apapun, maka hendaknya orang tua sesegera mungkin membawa buah hatinya ke dokter.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan ketika buah hati anda mengalami deari. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *