Cara Mengatasi Nyeri Otot Dan Sendi

By | 18 December 2015

Setelah anda bekerja semingguan penuh, mungkin di akhir pekan anda ingin menyenangkan diri dengan bermain, seperti golf, main bola, main tenis. Tapi anda kuatir kerena kegiatan tersebut akan membut rasa nyeri pada tubuh anda dalam beberapa hari. Janganlah anda terhalang karena nyeri otot, akan tetapi cobalah mencari tahu penyebab nyeri otot dan berikanlah perawatan yang tepat agaar anda bisa tetap melakukan aktivitas yang anda inginkan.

Cara Mengatasi Nyeri Otot Dan Sendi

Penyebab Nyeri Otot

Hal yang wajar bila nyeri otot menimpa anda sesudah anda melakukan olahraga, lebih-lebih lagi jika anda:

• Memperbuat aktifitas yang belum perna anda lakukan
• Meningkatkan latihan atau lamaya dalam latihan

Saat anda melakukan perubahan dalam olahraga akan membuat cedera kecil (microdamage) di dalam serat otot dan jaringan ikat yang akan membuat anda nyeri pada bagian otot.

Penyebab Nyeri Sendi

Apabila sendi terasa sakit dan nyeri, ini biasanya gejala dari osteoarthritis. Peradangan ini akan lebih sering dengan bertambahnya usia. Tulang rawan yang menjadi bantalan sendi akan menipis, meninggalkan sendi merang dan terasa sakit.

Cara Mengobati Nyeri Otot Dan Sendi

Bila anda merasakan sakit sendi, anda bisa meminum acetaminophen (Tylenol) atau obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), atau aspirin agar sakit anda berkurang. Akan tetapi anda harus berhati-hati menggunakan NSAID secara terait. Menggunkan OAINS dalam jangka panjang akan membuat kemampuan otot untuk memperbaiki diri terganggu.

Cara Mencegah Nyeri Otot Dan Sendi

Hendaknya anda melakukan pemanasan sebelum berolahraga agar anda tidak mengalami cedera pada bagian otot. Akan tetapi penelitian menyebutkan pemanasan tersebut tidak berpengaruh banyak untuk terhindar dari nyeri dan cedera.

Ada beberapa bahan almi yang sudah teruji untuk mencegah sakit pada bagian otot, termasuk antioksidan seperti vitamin C. Akan tetapi lebih baik berkonsultasi kepada dolter terlebih dahulu sebelum memilih vitamin apapun dalam doses yang tinggi.

Cara terbaik bagi anda yang ingin mencegah sakit pada bagian otot dengan menguragi cara anda dalam latihan. Anda terlebih dahulu latihan secara ringan dan bila ingin meningkatkan latihan hendanyanya secara bertahap, ini memungkinkan anda lebih kecil mengalami kedera.

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri otot dan sendi. Sekian dn semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *