Cara Menghindari Virus Zika

By | 8 April 2016

Virus zika adalah salah satu virus yang  menular yang di sebabkan gigitan nyamuk aedes. Biasanya nyamuk aedes mengigit manusia di saat siang, namun tidak menuntup kemungkinan nyamuk aedes mengigit manusia di saat malam. Nyamuk aedes akan mulai terinfeksi setelah menggigit manusia yang telah terkena virus Zika.

Cara Menghindari Virus Zika

Selain nyamuk, virus zika juga bisa ditularkan dari ibu ke janinnya selama masa kehamilan. Selain itu virus zika juga dapat di tularkan melalui kontas seksual dan transfusi darah. Namun masih belum ada laporkan bahwa virus zika dapat tertulah melalui ASI.

Sampai saat ini masih belum di temukan vaksin untuk melawan virus zika. Oleh kerena itu salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mencegah gigitan nyamuk tersebut. Berikut beberapa yang bisa anda lakukan untuk mencegah virus zika.

  • Bila anda hendak pergi kenegara yang terdapat virus zika maka hendaknya anda menggunakan baju yang berlengan panjang dan celana yang panjang. Hendaknya anda menginap di tempat yang memiliki jendela tertutup dan memiliki pendingin ruangan. Hendakya anda selalu menggunakan losion anti nyamuk.
  • Bila mana anda tinggl di tempat yang terdapat virus zika, maka hal-hal yang dapat anda lakukan adalah dengan mencegah terjadinya pertubuhan nyamuk tersebut dengan cara meminimalkan genangan air yang ada di rumah anda, menyimpan barang-barang yang tidak anda perlukan, hidari menggantung baju dengan jumlah banyak, dan gunakanlah kelampu saat anda tidur.
  • Virus Zika dapat bertahan di dalam darah setelah terinfeksi selama satu minggu. Oleh kerena itu bila anda terinfeksi virus Zika hendaknya segera melakukan penaganan agar virus tersebut tidak menyebar kepada orang lain atau orang yang anda cintai.
  • Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperingati ibu yang hamil agar tidak mengunjungi daerah yang terdapat virus zika. Bagi perempuan yang ingin hamil juga di sarankan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu bila mana hendak bepergian ketempat yang terdapat virus zika.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara menghindari virus zika. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *