Cara Mengolah Daging Bagi Penderita Kolesterol

By Wardah | 27 March 2016

Mungkinkah anda termasuk orang yang mempunyai kolesterol tinggi, namun anda tidak siap untuk menjadi vegetarian. Anda bisa tenang, kerena anda masih bisa menikmati daging, namun denngan pengolahannya yang tepat.

Petama: anda hatus mengurangi porsi mengkonsumsi daging setiap harinya. American Heart Association menganjurkan anda dalam sehari hanya mengkonsumsi daging sebanyak 170 gram.

Kedua: anda harus memilih daging yang sedikit mengandung lemak.

Ketiga: cara mengolah daging harus tepat.

Cara Mengolah Daging Bagi Penderita Kolesterol

Cara Memilih Daging

Anda sebaiknya mengurangi memakan daging merah, akan tetapi gantilah dengan daging putih, semisal ikan dan ayam.

Anda harus memilih ikan yang kaya omega-3, seperti ikan salmon, tuna, sarden, dan hering. Omega-3 adalah lemak yang baik yang sangat baik untuk pembulu darah dan jantung anda.

Bila mana anda ingin memakan daging unggas, hendaknya memilih daging ayam atau daging kalkun daripada daging angsa atau bebek, kerena lemak yang terkandung di daging ayam dan kalkun lebih sedikit.

Pastikan anda memilih bagian daging yang rendah lemak, bila mana anda ingin memakan daging merah, seperti kambing dan sapi. Buang bagian lemak yang masih menempel sebelum anda mengolahnya.

Anda harus mengurangi mengkonsumsi daging olahan, seperti salami, bacon, dan sosis, kerena daging tersebut tinggi akan lemak jenuh dan kalori. Selain itu, garam yang terkandung di dalam daging tersebut juga sangat tinggi.

Cara Mengolah Daging

Anda lebih baik memasaknya dengan di panggang di banding dengan mengorengnya, kerena anda akan lebis sedikit menggunakan minyak. Hendaknya tiriskan daging terlebih dahulu sesudah di masak dan sebelum di sajikan.

Seandainya anda ingin mengoreng daging, hendaknya anda menggunakan minyak biji bunga matahari, atau minyak kanola, daripada anda menggunakan margarin atau minya kelapa sawit.

Pada daging unggas, buanglah kulitnya terlebih dahulu untuk mengurangi kadar minyak pada daging tersebut.

Ketika memanaskan sup yang kemarin, pada umumnya lemak akan mengapung. Hendaknya buang lemak tersebut sebelum di makan.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara mengolah daging bagi penderita kolesterol. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *