Cara Meredakan Kram Kaki Saat Hamil

By | 28 April 2016

Kram kaki di saat hamil sudah umum terjadi kepada perempuan yang sedang hamil. Mungkin kram kaki  mengganggu sebaian ibu hamil, kerena bila kram terjadi di siang hari maka aktivitas ibu akan terganggu, dan bila mana terjadi di malam hari maka akan menggaggu tidur ibu hamil.

Cara Meredakan Kram Kaki Saat Hamil

Pemicu Kram Kaki

Kemungkinan yang memicu terjadinya kram kaki adalah kaki kelelahan kerena setiap harinya membawa beban berat selama kehamilan. Selain itu, kram kaki di saat hamil juga dapat terjadi karena perut ibu yang semakin membesar di saat kehamilan dan menekan pembuluh darah yang mengarah balik ke jantung serta saraf yang berada di dekatnya.

Berikut adalah beberapa cara meringankan kram kaki saat hamil:

  1. Jangan berdiri atau duduk dengan kaki menyilang dalam waktu yang lama.
  2. Lakukanlah perengangan kaki dengan teratur di waktu siang dan beberapa kali sebelum hendak tidur malam.
  3. Lakukanlah gerakan berputar pada jari-jari kaki dan tumut ketika anda duduk, meonton tv, atau ketika makan.
  4. Bila memunhkinkan, biasakan untuk berjalan kaki setiap harinya, kecuali di saat kondisi khusus dari dokter kandungan atau bidan yang melarang anda untuk berjalan kaki.
  5. Hindarilah pekerjaan yang membuat anda sangat lelah. Ketika beristirahat hendaknya anda memiringan posisi badan kekiri. Ini bertujuan melancarkan peredaran darah balik ke jantung.
  6. Hendaknya anda banyak minum air putih agat cairan tubuh selama kehamilan tercukupi.
  7. Anda juga bisa melakukan mandi malam dengan air hangat untuk melemaskan otot-otot anda.

Cara Meredakan Kram Kaki Saat Hamil

Bila anda mengalami kram kaki, maka segeralah melakukan perengangan di bagian otot yang kram, luruskan kaki dan tumit terlebih dahulu, setelah itu ketuk jari-jari kaki ke arah punggung kaki. Hal ini bisa meredakan kram kaki yang anda lami, sekalipun hal ini sedikit memberi anda rasa sakit.

Namun bila anda mengaami kram kaki terus menerus atau  timbul bengkak, kemerahan, nyeri yang hebat atau terasa hangat di kaki yang kram, segeralah memeriksakannya ke dokter, kerena ada kemungkinan telah terjadi gumpalan darah di kaki anda. Kejadian ini memang sangat jarang terjadi, akan tetapi insidennya meningkat pada ibu hamil.

Itulah beberapa penjelasan tentang mengatasi kram kaki saat hamil. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *