Cara Untuk Mencegah Otak Mengalami Penuaan Dini

By Wardah | 20 August 2017

Otak akan mengalami penurunan fungsi di saat kita sudah berumur 30 tahun, dan ini termasuk penuaan dini. Utuk mencegah terjadinya penuaan dini anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

Melakukan Olahraga

Olahraga mampu untuk menjaga kekuatan daya ingat kita. Melakuukan olahraga setiap hari selama 30 menit sangat mermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otak kita. Olahraga juga akan mencegah berbagai penyakit yang membuat pikun, semisal darah tinggi, stroke, kegemukan, dan diabetes.

Cara Untuk Mencegah Otak Mengalami Penuaan Dini

Diet Mediterania

Ada beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan risiko pikun sebanyak 20%.  Makanan tersebut adalah minyak zaitun, ikan, buah, dan sayuran.

Melatih Otak

Cobalah anda melakukan permainan yang dapat membuat daya pikir anda terasah, semisal mengikuti komunitas buku, bermain kartu, atau sekedar bermain tebak-tebakan dengan teman kerja anda. Di saat ini begitu banyak aplikasi yang bertujuan untuk mengasah daya ingat, sehingga anda bisa menggunakannya sebagai sarana untuk mengasah daya ingat anda.

Cukup Tidur

Bila anda kekurangan tidut maka konsentrasi dan atensi akan mengalami penurunan. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mendapatkan tidur yag nyenyak.

  • Jangan terlalu banyak makan sebelum tidur.
  • Tidur dan bangun di jam yang sama, baik saat tidur malam ataupun tidur siang.
  • Hindari meminum kafein ketika jam tidur sudah dekat.
  • Menghindari rokok.

Menghindai Stres

Stres akan memicu hormon stres (kortisol) yang dapat membuat anda sulit untuk mengingat dan mencituskan terjadinya otak mengalami penuaan dini.

Berhenti Merokok

Rokok dapat membuat otak anda mengalami penuaan dini, hal ini kemungkinan di sebabkan otak anda mengalami stroke kecil yang di sebabkan oleh rokok.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Ada beberapa penyakit yang memicu terjadinya pemuaan dini pada otak, semisal seprisi, defisiensi vitamin A, diabetes, dan tiroid.

Mulailah dari sekarang untuk menjaga kesehatan otak anda, dengan hidup sehat dan selalu memperhatikan kesehatan otak anda. Inilah beberapa hal cara untuk mencegah otak mengalami penuaan dini. Sekian dan memoga memberika manfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *