Cara Untuk Mendeteksi Virus Zika

By Wardah | 8 April 2016

Kita telah banyak mendengar berita-berita di televisi tentang virus zika. Virus zika merupakan virus yang di sebarkan melalui gigitan nyamuk aedes.  Banyak orang yang menganggap virus zika sebagai momok yang sangat menakutkan, terutama bagi ibu yang sedang hamil. Oleh kerena itu di sini akan di jelaskan tentang virus zika dan beberapa caya untuk menghindari virus tersebut. Berikut penjelasan tentang virus zika.

Cara Untuk Mendeteksi Virus Zika

Gelaja Yang Di Tilbulkan Virus Zika

Gejala yang di timbulkan virus zika hampir sama dengan gejala yang di timbulkan oleh demam berdarah dan chikungunya. Di bawah ini beberapa gejala virus zika:

  • Demam.
  • Ruam merah.
  • Nyeri di bagin otot dan sendi.
  • Nyeri di bagian kepala.
  • Mata merah (konjungtivitis).

Sedangkan infeksi virus zika yang terjadi pada ibu hamil diduga berkaitan erat dengan peningkatan risiko terjadinya cacat janin berupa mikrosefali atau kepala dan otak bayi menjadi  kecil, dan tidak berkembang.

Cara Mendiagnosis Virus Vika

Sama halnya seperti anda mengalami demam berdarah dengue, dokter akan memeriksa anda dengan pemeriksaat laboratoriun dengan mengambil darah anda. Selain yang demikian, dokter juga akan mewawancarai gejala dan akan memeriksa fisik anda.

Waktu Mengambilan Darah

Bila mana gejala yang anda rasakan mengarah kepada infeksi virus zika, anda bisa melakukan pemeriksaan darah di hari pertama saat anda mengalami demam. Biasanya pemeriksaan darah akan di bagi menjadi 2 jenis pemeriksaan, pemeriksaan di saat fase akut (1-5 hari setelah tilbul gejala) dan pemeriksaan di  saat fase konvalesen (lebih dari 6 hari setelah timbul gejala).

Pemeriksaan yang umumnya di lakukan adalah:

  • IgM dengue.
  • RT PCR/NS 1
  • pemeriksaan darah lengkap, seperti hematokrit, eritrosit, leukosit, hb.
  • Pemeriksaan lainnya yang di sesuaikan dengan gejala, seperti pemeriksaan urine dan pemeriksaan elektrolit.

Apakah Harus Berpuaa Sebelum Pengambilan Darah

Anda tidak perlu melakukan puasa sebelum pengambilan darah untuk di cek apakah tubuh anda  terjangkit virus zika ataukah tidak.

Kapan Anda Harus Mengunjungu Dokter  

Bila mana anda mengalami gejala-gejala yang telah di sebutkan sebaiknya anda sesegera mungkin mengunjungi dokret untuk di tangani lebih lanjut, sekalipun anda baru mengalami demam 1-3 hari. Terutama bila anda seorang ibu yang sedang hamil dan berada di tempat yang mengalami wabah virus tersebut.

Itulah beberapa keterangan tentang cara untuk mendeteksi virus zika. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *