Cara Untuk Mengatasi Luka Lecet Pada Anak

By | 25 January 2016

Anak yang sedang dalam keadaan aktif bermain pasti pernah mengalami luka lceil di bagian tubuhnya. Anak yang mengalami luka sering tidak mau kalau di suruh mandi dengan alsan perih kalau luka terkena air. Lalu apakah yang harus ibu lakukan? D ibawah ini penjelaasannya.

Cara Untuk Mengatasi Luka Lecet Pada Anak

  1. Ibu jangan panik dan hendaknya mencuci tangan sebelum ibu menyentuh luka anak. Perasaan panik anak membuat ibu tidak sadar akan menyentuh luka anak dalam keadaan tangan masih belum di cuci. Mencuci tangan sebelum menyentuh luka adalah satucara untuk mengurangi risiko terjadi infeksi pada luka anak.
  2. Area luka harus di bersihkan dengan air agar serpihan kotoran bersih dari area luka. Ibu harus benar-benar bersih dalam membersihkan luka sehingga luka berwarna kemerahan, lebih-lebih lagi anak jatuh di aspal, luka anak biasanya tertutup dengan krikil dan kotoran yang berwarna hitam.
  3. Saat membersihkan ibu harus mengatakan bahwa hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya infeksi pada luka.
  4. Berikan cairan antiseptik semisal povidone iodine sesudah luka di bersihkan. Ibu hendaknya menghindari antiseptik yang ada mengandung alkhol, kerena akan lebih perih.
  5. Luka akan lebih cepat sembuh dengan di birkan terbuka. Akan tetapi untuk menghindari dari kotoran kerena anak sangat aktif, ibu juga perlu untuk menutup luka. Mangganti perban paling lama 2 hati sekali. Ibu jangan terlalu ketat memasaang perban, kerena luka akan menjadi lembab dan proses penyebuhan akan lambat.
  6. Jangan biarkan anak mencabut atau menggaruk keropeng ada pada luka. Terangkan anak bahwa hal tersebut merupaka proses untuk menyembuhkan luka.

Bila sesudah melalukan hal-hal yang telah di sebutkan, akan tetapi luka tidak juga sembuh atau bahkan lebih parah, maka ibu harus membawa anak untuk di periksa ke dokter.

Beberapa Tanta Infeksi Pada Luka Lecet

  • Nanah akan terbentuk di daerh luka.
  • Kulit kemerahan yang ada di sekitar luka membesar.
  • Anak menjadi demam atau suhu tubuh anak meningkat di atas 38° C.
  • Anak menjadi tidak bergairan dn lesu.

Itulah beberapa penjelasan untuk mengatasi luka lecet pada anak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *