Cara Untuk Mengatasi Telinga Kemasukan Benda Asing

By | 12 December 2015

Kemasukan benda asing kedalam telinga kebanyakanya menimpa pada anka-anak. Anak-anak yang berumur 2-8 tahun yang paling sering mengalami kemasukan beda asing ketelinga. Sedangkan anak yang umurnya sudah 9 tahun keatas yang mana ia sudah mampu mengabil benda dengan sendiri, maka risiko kemasukan benda asing ke dalam telinga juga mengecil. Bagi orang yang sudah dewasa kebanyakan yang mengalami kemasukan benda asing bejenis serangga.

Cara Untuk Mengatasi Telinga Kemasukan Benda Asing

Lalu apa yang harus di lakukan bila anda atau keluarga anda kemasukan benda asing? Di bawah ini akan di jelaskan apa saja yang anda lakukan bila benda asing memasuki telinga anda ataupun keluarga anda.

1. Bila benda asing itu berada dekat di dalam teinga, anda boleh mengambilya secara langsung

Salah satu sumber menyatakan anda boleh mengambil benda asing dengan menggunakan sudut paperclip apabila benda asing itu benda yang kecil dan tidak bergerak. Sudut paperclip di masukan searang dengan benda asing tersebut, setelah benda itu terlewati putar sudutnya hingga horizontal dan anda dapat mengambil benda tersebut, lalu keluarkan dengan perlahan.

2. Janganlah menggunakan benda yang dapat mendorong benda itu lebih dalam dan semakin jauh kedasar telinga

Orang tua yang panik saat anaknya kemasukan benda asing kebiasaannya menggunkan cotton buds untuk mengeluarkan benda tersebut. Perlu di ketuhui menggunakan cotton buds atau benda yang ukurannya besar malah akan membuat benda itu lebih dalam masuk kedasar telingga, ini berakibat liang atapun bagian telinga teluka, sehingga dokter akan lebih sulit untuk mengeluarkannya.

3. Bila telinga kemasukan serangga, maka keluarkanlah serangga bila sudah dalam keadaaan mati

Dokret akan memberi minyak yang akan membunur serangga tersebut sebelum doter mengeluarkannya. Bila serangga di keluarkan dalam keadaan hidup ini akan memperparah keadaan, gerakan serangga akan membuat rusak struktur telinga tengah.

Bagi orang tua atau anda sendiri hendaknya tetap tenang bila telinga anda kemasukan benda asing, kerena orang yang panik ia akan melakukan apa saja untuk bisa mengeluarkan benda tersebut, baik dengan cara benar ataupun salah. Tapi hendaknya anda tetap tenang dan melakukan hal yang benar agar anda tidak menambah masalah pada telinga anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *