Cara Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Bayi

By Wardah | 17 August 2017

Para ibu harus benar dalam melakukan perawatakan gigi bayi, agar gigi bayi tetap dalam keadaan sehat, dan sebaiknya perawatan gigi bayi di lakukan sedini mungkin. Susah-susah gampang menjaga kesehatan gigi bayi anda, oleh sebab itu para ibu harus di tuntut untuk selalu sabar, pintar dan selalu aktif untuk membersihkan gigi bayi.

Bila mana ibu tidak sedini mungkin merawat gig bayi, di takutkan gigi bayi akan mendapatkan masalah. Anak yang giginya bermasalah biasanya menjadi rewel dan susah makan.

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Bayi

Oleh sebab itu, ibu sebaiknya menyimak penjelassan di bawah ini agar anak terhindar dari masalah gigi, seperti gigi berlubang dan lain sebagainya.

  • Ibu harus selalu membersihkan mulut bayi, sekalipun giginya balum tumbuh. Membersihkan gigi bayi bisa di lakukan dengan kain yang bersih atau dengan sikat gigi khsus bayi.
  • Bila mana gigi bayi sudah tumbuh, hendaknya ibu membersihkan gigi bayi sedidaknya dalam sehari dua kali.
  • Ibu jangan memberikan bayi empeng atau selain empeng yang di celupi sesuatu yang manis, semisal gula.
  • Hindari kebiasaan bayi tertidur dengan keadaan botol dot yang berisi sesuatu yang manis masih menempil di mulut bayi. Hal tersebut akan membuat gigi bayi menjadi berlubang atau karies pada bayi yang disebut dengan early childhood carie. Hal semacam ini akan membahayakan kesehatan gigi buah hati anda.
  • Kontrollah gigi anak anda kedokter sidini mungkin, yaitu ketika anak sudah berumur satu tahun. Kebiasaan mengontrol gigi kedokter akan membuat anak terbiasa untuk mengontrol gigi dan anak akan tidak takut seandainya di lakukan perawatan gigi.

Sekalipun makana dan minuman yang manis anak lebih menyukaiya dan sering di jadikan alat untuk membujuk anak agar tidak tewel. Akan tetapi ibu harus tahu bahwa makanan yang masih sangat berikiko untuk membuat gigi anak berlubang.

Bila ibu mengetahui tanda-tanda bahwa gigi anak akan mengalami kerusakan dan bahkan akan menimbulkan lubang, segeralah di lakuakn perawatan untuk mencegah kerusakan lebih besar.

Itulah beberapa penjelasan menjaga kesehatan gigi bayi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *