DHA Dan AA Sangat Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

By Wardah | 16 March 2016

Sering sekali DHA dan AA di jadikan bahan utama untuk mempromosikan susu atau makanan anak. DHA dan AA ternyata sangat penting untuk perkembangan tubuh dan otak anak, oleh sebab itu tidak jarang DHA dan AA seringkali di temui di susu atau makanan anak.

DHA atau docosahexaenoic acid adalah asam lemak rantai panjang, suatu asam lemak tidak jenuh yang selama 30 tahun menjadi bahan penelitian yang sangat menarik. DHA yang terkandung di dalam ASI sangat penting perannya di dalam struktur dan fungsi jaringan saraf, terutama jaringan saraf pada otak dan retina mata.

DHA Dan AA Sangat Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

DHA dan AA bukan hanya terdapat pada ASI, namun juga bisa di dapat pada ikan, telun, dan lain sebagainya.

Sebanyak 260% otak mengalami pertumbuhan pada trimester akhir, selanjutnya sebanyak 175% otak megalami pertumbuhan selama tahun pertama, dan 18% otak mengalami pertumbuhan pada tahun kedua. Sudah di ketahui bahwa sanya selama periode-periode tersebut DHA akan menjadi sangat banyak terakumulasi di dalam jaringan otak, dan akumulasi tersebut tidak bisa di temukan di dalam jenis asam lemak yang lain.

Di bawah ini ada beberapa makanan yang di percaya sebagai sumber DHA:

  • ASI
  • Ikan tuna, ikan salmon, dan makerel
  • Minyak ikan
  • Telur
  • Daging merah
  • Beberapa bentuk alga atau ganggang

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak yang sudah cukup umur yang di berikan susu yang mengandung DHA memiiki skor MDI melebihi dengan anak yang hanya di berikan suplemen.

Sedangkan AA berperan sangat penting untuk perkembangan tubuh anak. terutapa pada pembekuan darah, imunitas, dan berbagai fungsi vital lain.

Makanan yang di percaya mengandung AA adalah telur, susu, daging merah, dan tentunya ASI juga mengandung AA.

Setelah anda membaca beberapa tulisan di atas tahulah anda bahwa DHA dan AA sanngat di perlukan dan sangat bermanfaat bagi perkembangan tubuh dan otak anak anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *