Diet Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Terkontrol

By Wardah | 23 February 2016

Diet penting bagi penderita diabetes agar gula darah dapat terkontrol.  Kerena diabetes merupakan penyeakit yang di andai oleh gula darah yang tinggi. Hal ini di sebabkan adanya ganggua kerja insulin yang mengatur gula darah.

Orang yang mengidap penyakit diabetes harus mengontrol gula darah agar tidak terjadi komlikasi . Diet adalah salah satu cara utuk mengontrol gula darah.

Diet Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Terkontrol

Ada beberapa hal yang mesti di perhatikan di dalam melakukan diet diabetes. Berikut ini penjelasannya.

  1. Menkonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan komposisi yang seimbang pula. Komosisi yang seimbang adalah terdiri dari 10–20% protein, 20–25% lemak, dan 45–65% karbohidrat.
  2. Menkonsusmsi karbohidrat akan mempengaruhi gula darah, akan tetapi tidak di anjurkan melakukan diet rendah karbohidrat (<130 g), kerena karbohidrat di perlukan untuk sumber sistim saraf pusat dan energi otak. Dari sisi lain mengkonsusmsi gula pasir juga di batasi dan harus di perhitungkan untuk di jadikan sebagai asupan karbohidrat.
  3. Konsumsilah makanan yang tinggi serat agar kebutuhan serah setiap hari sekitar 25 g/ hari terpenuhi. Serat berguna untuk menghambat penyerapan gula dan serat juga berguna untuk mencegah gula darah meningkat.
  4. Batasilah mengkonsumsi lemak trans, <a href=”http://cheapjerseysupply.com/” target=”_blank”>cheap jerseys lemak jenuh, dan kolesterol. Janagnlah melebihi dari 7% dari asupan total mengkonsusmsi lemak jenuh. Daging, sosis, susu dan prodok susu yang tinggi lemak adalah makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh. Lemak trans juga harus di hindari. Makanan yang tinggi akan lemak trans adalah margarin makanan yang di panggang, dan makanan dalam kemasan atau makanan ringan. Selain lemak jenuh dan lemak trans, mengkonsumsi kolesterol juga jangan sampai lebih dari 300 mg/hari. Jeroan, kerang dan kuning telur adalah makanan yang tinggi kolerterol.
  5. Jangan melebihi dari 1 sendok teh per hari mengonsusmsi garam. Batasilah mengnsumsi bahan makanan yang mengandung akan natrium, seperti minuman yang bersoda, garam, dan vetsin.
  6. Cukup dalam mengkonsumsi cairan. Sehari sekurang-kurangnya 2 leter air.

Itulah beberapa penjeasan diet bagi penderita diabetes agar kadar gula terkontrol. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *