Fondasi Dasar Untuk Memenuhi Nutrisi Tubuh

By | 15 March 2016

Sejak lama telah di ketahui bahwa tubuh membutuhkan mikronutrien dan makronutrien yang di peroleh dari makanan yang berfungsi untuk kesehatan dan kelangsunga tubuh. Akan tetapi di akhir-akhir ini istilah fitonutrien juga marak di dengar.

3 zat gizi yang telah di sebutkan adalah fondasi dasar yang sangat penting di dalam memenuhi nutrisi tubuh.

Fondasi Dasar Untuk Memenuhi Nutrisi Tubuh

Makronutrien

Makronutrien terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat. Kenapa di sebut dengan makronutrien – “makro” artinya “besar” – kerena tubuh membutuhkan zat tersebut dan jmlah yang besar. 3 zat yang telah di sebutkan sangat penting peranya dalam menyediakan energi bagi tubuh untuk  pertumbuhan, metabolisme, dan juga berfungsi sebagai bensin bagi jantung, otak, dan otot di dalam menjalankan berbagai aktivitas.

makronutrien yang paling besar  di butuhkan adalah karbohidrat. 45-65 kalori yang manusia butuhkan berasal dari karbohidrat. Organ-organ penting yang di dalam tubuh seperti ginjal, otak, jantung, dan otot sangat membutuhkan karbohidrat sebagai sember energi.

Karbohidrat bisa di dapat pada jagung, nasi, kentang, roti, bihun, dan mie.

Sedangakan 10-35% kalori yang di butuhkan manusia berasal dari protein. Protein mempunyai peran penting di dalam pertumbuhan, sehingga anak-anak, remaja, wanita hamil dan menyusui sangat membutuhkannya. Selain yang demikian protein juga sangat berperan penting di dalam memperbaiki sisitim kekebalan tubbuh, dan merupakan bahan baku enzim dan hormon.

Anda biisa memperoleh protein dari ikan, susu, ayam, kacang-kacangan, dan keju.

Lemak yang di maksutkan adalah lemak baik atau lemak tak jenuuh. Lemak ini berguna untuk menghasilkan energi, membantu untuk menyerap vitamin A, E, D, dan K.

Lemak baik ini bisa anda dapatkan pada daging ayam dan sapi, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kanola, alukat, dan telur.

Mikronutrien

Tubuh membutuhkan zat gizi ini dalam jumlah kecil, olerh sebab itu di namakan dengan mikronutrien. Sekalipun demikian, nutrisi ini sangat di butuhkan tubuh, kerena tumbuh kembang dan kesehatan tubuh akan terganggu bila mana kekurangan mikronutrien.

Mikronutrien hanya bisa di dapat melalui makanan, tubuh tidak bisa memproduksnya. Mikronutrien terdiri dari mineral dan vitamin yang banyak di temui di dalam buah dan sayur.

Mineral dan vitamin yang sanagat penting untuk kesehat tubuh antara lain vitamin A,B, C, D, E, zat besi, kalsium, magnesium, mineral zinc, dan iodium.

Fitonutrien

Ternyata sayur dan buat juga mengandung zat kimia alami atau fitonutrien yang berguna untuk melindungi tanaman dati hama, jamur dan infeksi kuman.

Sekalipun fitonutrien berguna untuk kesehatan tubuh, namun fitonutrien bukanlah zat esensial yang harus dikonsumsi seperti mineral dan vitamin. Ada sekitar 25 ribu fitonutrien yang telah ditemukan, akan tetapi ada beberapa nama yang cukup “santer” terdengar, semisal flavonoid, fitoestrogen, dan karotenoid.

Karotenoid banyak di temukan pada sayur dan buah berwarna merah, oranye, dan kuning. Flavonoid banyak di temukan pada buah beri dan teh hijau. Fitoestrogen sanat banyak di kacang kedelai yang berguna untuk menurunkan risiko kanker osteoporosis dan endometrium (dinding rahim).

Itulah beberapa penjelasan fondasi dasar utuk memenuhi nutrisi tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *