Gejala Penyakit Jantung Koroner dan Cara Pencegahannya

By Wardah | 20 September 2015

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh arteri oleh kolesterol yang kemudian mengakibatkan proses sirkulasi darah dan oksigen ke jantung menjadi terhambat. Pada pria, terhambatnya sirkulasi oksigen dan darah ke jantung akan menimbulkan rasa nyeri dibagian dada yang kemudian akan berujung pada serangan jantung. Sedangkan pada wanita, terhambatnya sirkulasi oksigen dan darah ke jantung akan mengakibatkan kondisi mudah lelah dan terasa lemas yang juga akan berakhir pada serangan jantung.

Melihat penyakit jantung koroner adalah penyakit yang sangat berbahaya, sebaiknya kita perlu memahami gejalanya agar kita bisa lebih waspada. Berikut adalah gejala penyakit jantung koroner yang perlu anda pahami.

Gejala Penyakit Jantung Koroner dan Cara Pencegahannya

Merasa sangat panas dibagian dada

Gejala penyakit jantung yang pertama ditandai dengan rasa panas pada bagian dada. Rasa panas ini timbul karena kinerja jantung sudah mulai tidak sehat lagi. Jadi, bagi anda yang mengalami hal ini sebaiknya segera memeriksakan diri.

Sering mengalami sesak nafas

Gejala yang kedua adalah sering mengalami sesak nafas. Gejala yang satu ini membuat penderita merasa sesak dan sulit bernafas.

Pusing yang berkepanjangan

Pusing berkepanjangan juga merupakan hal yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Jika pusing yang anda alami tidak kunjung sembuh, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter yang menangani masalah ini.

Detak jantung tidak teratur

Karena fungsi masing-masing organ mengalami gangguan, akhirnya penderita akan mengalami detak jantung yang tidak teratur lagi. Hal ini wajar dialami oleh mereka yang jantungnya mengalami gangguan.

Sering merasa mual

Penyakit ini juga ditandai dengan kemunculan rasa mual yang mengganggu kenyamanan anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa mual ini terus terjadi hingga membuat anda merasa sangat terganggu dan merasa sangat tidak nyaman.

Kelima gejala diatas akan dirasakan ketika anda melakukan aktifitas yang berat. Hal tersebut terjadi karena saat kita beraktifitas yang berat, jantung memerlukan pasokan oksigen dan darah yang lebih banyak dari sebelumnya. Namun karena terhalang timbunan kolesterol, jantung mengalami kesulitan dalam memompa darah yang kemudian akan membuat darah didalam arteri menjadi beku dan terjadilah serangan jantung.

Pencegahan yang bisa anda lakukan terhadap penyakit jantung koroner adalah dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis. Dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis, anda akan diperiksa secara detail dan mendalam agar mendapatkan hasil yang teruji kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *