Hati-Hati Dalam Membedong Bayi

By Wardah | 7 November 2017

Mungkin para ibu masih banyak yang membedong bayinya. Membedong bayi adalah membontal tubuh bayi dengan selimun yang melingkupi kedua tangan dan kaki bayi. Bendong biasanya di lakukan dengan ketat, tujuannya agar bayi tetap dalam keadaan hanyat dan bayi bisa tidur dengan nyenyak dan lama.

Tahukah para ibu bahwa membedong bayi dengan ketat ternyata dapat membunuh bayi, sebagai mana para pemeliti menjelaskan. Bedong yang ketat juga akan membuat bayi sesak nafas, sehingga membuat laju nafas bayi semakin cepat yang di sebabkan kapasitas paru sangat tertekan. Bila mana hal ini berjalan dengan lama maka akan memudahkan untuk menglami penyakit paru kronis.

Hati-Hati Dalam Membedong Bayi

Selain membuat bayi mati mendadak, membedong yang terlalu ketat yang akan memaksa kaki bayi selalu dalam keadaaan lurus juga akan memicu kerusakan pada panggul bayi ketika dewasa. Hal inilah yang membuat para ahli melarang para ibu untuk melalkukan bedong pada bayinya.

Sayangnya sampai hari ini bedong masih di lakukan di rumah sakit di seluruh dunia dengan tujuan agar tubuh bayi selalu dalam keadaan hangat. Hal ini di sebabkan rumah sakit yang ber-AC pastilah mempunyai hawa yang dingin, oleh kerena itu bayi harus di bedong agar suhu tubuh bayi selalu dalam keadaan hangat.

Mebedong bayi di rumah sakit sangat di perlukan untuk melindungi bayi dari kedinginan. Akan tetapi ketika di rumah ada banyak hal yang di lakukan agar tubuh bayi hangat selai dari membedong. Lalu apa yang ibu lakukan di saat bayinya sudah pulang kerumah. Di bawah ini penjelasanya.

  • Ibu harus menggunakan pakayan yang nyaman dan juga hangat, agar bayi tidak lagi memerlukan pada pakayan tambahan.
  • Ibu selalu mengukur suhu tubuh bayi dan selalu memastikan bahwa bayi tidak kedinginan.
  • Perhatikan suhu kamar agar tidak terlalu dingin.
  • Bila mana ibu masih ingin membedong bayi, maka ibu harus mengawasi bayi. Ketika bayi sudah bisa membalikan badan tidak di anjurkan untuk membedongnya lagi, kerena risiko akan terjebak dalam keadaan kepala di bawah dan juga sesak.

Itulah beberapa penjelasan tentang membedong bayi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *