Hati-Hati Gout Bila Mana Jempul Kaki Anda Membengkak

By Wardah | 21 March 2016

Gout atau asam urat merupakan satu keadaan yang di mana asam urat mengendap dan menjadi kristal pada bagian sendi-sendi anda. Gout merupakan penyebab peradangan pada bagian sendi bagi pria yang berumut 30 tahun keatas. Bagian jempol kaki adalah salah satu tempat utama asam urat mengendap. Jadi bila mana jempol kaki anda nyeri dan bengkak, mungkin artritis gout penyebabnya.

Ciri-Ciri Gout

Gout akan di tandai dengan serangan nyer sendi yang berulang, baik sendi besar ataupun sendi kecil. Jempol kaki adalah sendi yang paling sering di serang. Selain mengalami nyeri sendi, orang yang memiliki asam urat yang tinggi juga bisa terkena tofus. Tofus adalah adanya endapan kristal urat yang bisa dijumpai di permukaan kulit yang berupan benjolan. Selain yang demikian, orang yang mengalami tofus bisa juga mengalami endapan kristal urat di bagian ginjal dan akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Hati-Hati Gout Bila Mana Jempul Kaki Anda Membengkak

Cara Menagani Gout

Untuk menangani asam urat ada beberapa prinsp utama. Yang pertama di lakukan adalah diet rendah purin yang merupakan bahan mentah yang di dalam tubuh akan di ubah menjadi asam urat. Kurangi asupan purin perharinya menjadi 100-500 mg. Termasuk makanan yang mengandung purin adalah kerang, sarden, dan hati.

Selanjutnya anda harus lebih banyak mengkonsumsi cairan, kerena akan membantu untuk membuang gout atau asam urat melalui urin. Oleh sebab itu anda di sarankan perharinya meminum air sebanyak 2,5 liter.

Penelitian menyebutkan orang yang mengkomsusmsi alkohol mempunyai asam urang yang lebih tinggi di bandingkan orang yang tidak mengkomsum alkohol, kerena alkohol akan membuat asam laktat plasma meningkat, dan asam laktat akan mencegah pembuangan asam urat dari tubuh.

Untuk mengontrol asam urat tidak cukup dengan merubah pola hidup saja. Oleh sebab itu anda bisa menggunakan obat penurun asam urat untuk mengontrol asam urat anda. Allopurinol adalah obat yang paling umum di gunakan orang yang memiliki assam urat. Akan tetapi gunakanlah obat tersebut dengan resep dokter terlebih dahulu.

Itulah beberapa penjelasan tentang gout atau asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *