Jangan Meremehkan Sakit Tenggorokan

By Wardah | 8 November 2017

Memang pada umumnya sakit teggorokan di sebabkan virus, dan dapat sembuh dengan sendikirinya. Akan tetapi apakah anda yakin virus yang membuat anda sakit tenggorokan.

Radang tenggorokan bisa juga di kerenakan bakteri streptococcus, dan gejala yang di timbulka juga lebih berat. Sakit enggorokan yang di sebabkan bakteri harus di obati dengan antibiotik, tidak bisa hanya dengan trapi suportif. Mengkonsumsi antibiotik juga harus dalam dosis dan jumlah tertentu, agar pemberantasan bakteri tuntus.

Radang streptococcus pada umumnya menimpa anak yang berusia 5 sampai 15 tahun. Akan tetapi tidak menutup kemunngkonan orang dewasapun juga bisa mengalami radang streptococcus.

Jangan Meremehkan Sakit Tenggorokan

Di bawah ini ada beberapa gejala dan tanda orang yang mengalami radang tenggorokan yang di sebabkan oleh bakteri streptococcus.

  1. Nyeri di bagian tenggorokan.
  2. Nyeri dan sulit menelan makanan.
  3. Amandel membengkang, memerah, dan di sertai kotoran yang berwarna putih.
  4. Di langit-langit mulut ada bercak merah.
  5. Kelenjar getah bening leher membesar.
  6. Demam.
  7. Sakit kepala.
  8. Ruam kemerahan di bagian kulit.
  9. Perut nyeri, mual, dan muntah-muntah.
  10. Lemas.

Segeralah berkonsultasi kedokter bila mana anda merasakan gejala-gejala yang telah di sebutkan di atas. Dokter akan memeriksa fisik dan juga laboratoriom untuk mengonfirmasi diagnosis.

Bila sudah di pastikan anda mengalami sakit tenggorokan yang di sebabkan streptococcus, dokter akan mengobati anda yang di dalamnya juga mengandung antibiotik. Akan tetapi walau sudah di beri antibiotik, komplikasi tetap bisa akan terjadi.

Komplikasi bisa berupa infeksi menyebar ke sinus, darah, kulit, telinga, dan amandel. Penyakit lain pun bisa timbul sesudah radang tenggorokan sembuh, seperti radang ginjal dan demam rheuma. Demam rheuma bisa menimpa saraf, kulit, sendi, dan ginjal.

Ada istilah mencegah penyakit lebih mudah di bandingkan mengobatinya. Oleh sebabitu mulailah dari sekarang untuk selalu memperhatikan kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan anda. Banteri streptococcus sangat menular, bahkan bakteri streptococcus bisa menyebar melalui udara.

Itulah beberapa penjelasan tentang penyakit sakit tenggorokan. Sekian dan semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *