Jauhkan Ponsel Di Kala Mengasuh Anak

By | 8 February 2016

Bisa di bilang semua orang memerlukan ponsel, dan hampir semua orang ponsel pasti selalu ada di manapun mereka berada, bahkan ketika seseorang sedang mengasuh anak, tetap ponsel ada di dekatnya. Sebuah penelitian menyebutkan, kebiasaan ersebut ternyata berdampak buruk terhadap anak. Di bawah ini penjelasanya.

Jauhkan Ponsel Di Kala Mengasuh Anak

Bukan hanya anak-anak  yang bisa ketergantungan dengan posel, akan tetapi orang yang sudah dewasa juga bisa dapat ketergantugan dengan ponsel.

Kita selalu menggunakan ponsel di waktu-waktu yang tertentu, semisal di kala kita menunggu kedatangan seseorang, sedang di dalam toilit, bahkan di saat berjalan dan sedang mengasuh anak ponsel masih saja di gunakan. Hal tersebut merupakan kebiasaan yang buruk dan mengkhawatirkan, yang bahkan bisa mengancam kesalamatan anda dan keluarga anda.

Para peneliti menyatakan, ketika ibu sedang mengasuh anak dan fokus ibu terpecah, semisal kerena ibu sedang menggunakan ponsel, dapat menjadikan anak mempunyai gangguan fungsi psikis di masa yang akan datang. Termasuk di daam menggunakan ponsel adalah menelepon atau mengirim sms. Dua hal tersebut tetap dapat mempengaruhi pertumbuhan otak si anak.

Selain yang demian, para peneliti juga mengatakan, bahwa mengasuh anak dengan tidak fokus juga dapat meningkatkan gangguan pada anak, semisal perilaku anak terganggu, seperti mudah strees, kecanduan alkohol, atau terjerumus di dalam dunia narkoba. Mengapa hal demikian bisa terjadi?

Reseptor kesenangan  pada anak belum  secara sempurna berkembang, sehingga anak masih memerlukan respons dan rangsangan yang teratur yang bermula dari hubungan yang di jalin antara orangtua dan anak. Bila mana perhatian anda pecah di saat mengasuh anak, tentu anak tidak optimal di dalam mendapatkan stimulasi, dan keterikatan di antara anak dan orang tua juga dapat berkurang.

Oleh sebab itu, anda jangat terlalu mementingkan akun sosial media ketika sedang bersama dengan keluarga anda. Selalu utamakan keluarga agar mereka merasa bahwa orang tua sangat sayang terhadap mereka, sehigga merika nyaman dengan anda dan menjadikan anda sebagai rujukan dalam masalah yang kereka hadapi.

Itulah beberapa penjelasan tentang bahaya memainkan ponsel di saat mengasuh anak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *