Kadar Kalsium Yang Di Butuhkan Anak

By | 26 February 2016

Kalsium merupakan mineral yang sangan penting agar tubuh selalu dalam keadaan sehat. Sanagat banyak fungsi dari kalsium, seperti menjaga fungsi otot dan saraf, untuk membangaun gigi dan tulang, membantu perusisnya pembekuan darah, dan untuk mengaktifkan enzikm yang di butuhkan untuk menghasilkan energi dari makanan.

Salah satu makanan yang kalsium sangat besar terkandung di dalamnya adalah susu dan prodok yang terbuat dari susu, semisal keju, yoghurt, mentega dan lain sebagainya. 300 kalsium yang terkandung di 240 ml susu atau yoghury, dan 425 gram keju.

Kadar Kalsium Yang Di Butuhkan Anak

Selain susu dan prodak dari susu yang mengandung kalsium, ada beberapa jenis makanan yang kalsium juga terkandung didalamnya, sperti roti gandum, polong-polongan, tahu, lobak, bayam, susu kedelai, dan kacang-kacangan. Ada bebrapa produk makanan jadi semisal sereal dan jus juga di fortifikaskan dengan kalsium.

Di bawah ini adalah penjelasan jumlah kebutuhan kalsium setiap harinya berdasarkan usia.

700 miligram per hari bagi anak yang masih berusia 1- 3 tahun.

1000 miligram per hari bagi anak yang berusia 4-8 tahun.

1300 miligram per hari bagi anak yang berusia 9-18 tahun.

Sebuah penelitian yang di lakukan di indonesia yang melibatkan sebanyak 48 kabupaten, di temukan bahwa masih banyak anak yang kebutuhan kalsium harianya belum tercukupi, semakin tua anak semakn tinggi kebutuhan kalsium yang belum di cukupi.

Anak yang brusia 2-3 tahun sebanyak 16% yang masih kekuranan kalsium, sedangakan yang berusia 4-6 tahun kekurangan kalsium sebanyak 12%, dan yang berusia 10-12 tahun yang kekurangan kalsium mencapai angak 55%.  Hal ini bisa di sebabkan kurangnya mengonsumsi susu ketika umur anak bertambah dewasa.

Ada banya cara yang orang tua lakukan agar kebutuhan kalsium anak tercukupi,  salah tunya dengan memasuk susu dan prodk susu lainya kedalam sarapan anak anda. Seperti menggunakan susu untuk sereal anak, untuk membuat roti ataupun kue. Anda juga bisa menaruh yoghurt di dalam lemari pendingin untuk menarik minat anak untukmeminumnya.

Itulah beberapa penjelasan dakar kalsium yang harus di cukupi dalam setiap harinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *