Khasiat Sirih Merah Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

By Wardah | 8 December 2014

Tentu anda sudah mengenal tanaman sirih yang kaya akan manfaat. Tanaman sirih merupakan tanaman menjalar yang tumbuh di area yang lembab. Sirih ternyata ada beberapa macamnya. Ada sirih hijau yang sering ditemukan di sekitar kita, ada juga sirih merah. Kali ini kita akan menbahas mengenai tanaman sirih merah. Mari ikuti ulasan beberapa manfaat dan khasiat sirih merah untuk menanggulangi berbagai penyakit.

Daun sirih merah banyak sekali manfaatnya. Sperti yang banyak diketahui oleh masyarakat. Daunsirih merah mempunyai sifat antiinflamasi. Jadi sangat berguna untuk menyembuhkan luka. Biasanya daun sirih merah bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang. Caranya adalah dengan cara menyiapkan beberapa helai daun sirih merah merah. Lalu dicuci dan dihancurkan hingga menjadi lembut. Lalu dibalurkan ke area yang sedang berjerawat. Biarkanlah hingga kering, setelah itu bisa dibersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap hari hingga jerawat sudah terlihat kempes.

manfaat dan khasiat sirih mera

Selain itu, daunsirih merah juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cara mudah sekali. Cukup dengan menyiapkan beberapa lembar daun sirih merah. Lalu diremas-remas dan disedug dengan air mendidih. Air seduhan daun sirih merah ini bisa anda gunakan untuk berkumur. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka lama-kelamaan sakit gigi bisa reda.

Daun sirih merah digunakan untuk menghilangkan bau badan wanita yang kurang enak ketika sedang menstruasi. Sering kali wanita merasa tidak percaya diri di kala mereka sedang menstruasi. Karena banyak dari mereka yang merasakan bahwa bau badannya sedikit tidak enak. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengguankan daun sirih merah. Caranya adalah : siapkan beberapa helai daun sirih merah, cuci dan rebuslah dengan air. Minum air rebusan daun sirih merah ini setiap anda sedang haid. Maka bau badan ketika haid akan hilang dengan sendirinya.

Memang untuk harga dari tanaman sirih merah ini sedikit lebih mahal dibanding dengan sirih hijau, ini karena manfaat yang ada di dalamnya juga lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *